Opini

7 Manfaat Gabung FLP (Forum Lingkar Pena)

7 Manfaat Gabung FLP
Dokumentasi FLP

Flp.or.id – Terinspirasi dari para tokoh penulis yang berpengalaman, jadi tergiur untuk gabung di Forum Lingkar Pena. Pasti belum banyak yang tahu bahwa FLP sebagai organisasi kepenulisan terbesar di Indonesia, bahkan mancanegara. Bergabung bersama FLP berarti sudah siap untuk menjadi seorang pejuang literasi, literasi yang berkeadaban. Literasi tidak akan lepas dari seputar menulis dan membaca, bahkan para penulis mampu menampilkan inovasi yang memacu kreatifitas. Apa saja manfaat gabung FLP, berikut ini 7 manfaatnya

1. Menjadi Penulis Terkenal

Pada dasarnya beberapa orang ingin bergabung FLP tujuannya adalah menjadi penulis terkenal. Tujuan utama bergabung FLP adalah untuk membekali ilmu kepenulisan yang mengantongi materi bahasa Indonesia. Karena untuk menjadi penulis terkenal dibutuhkan memahami jenis tulisan yang diajarkan oleh mentor hingga benar-benar matang menguasai jenis tulisan yang sekiranya mudah dicerna. Minimal menerbitkan satu buku dan diminati pembaca.

2. Menebarkan Media Dakwah

Selain keinginan cita-cita jadi penulis anda bakal menebarkan media dakwah baik lisan maupun tulisan. Bagaimana anda belum paham tentang media dakwah? Sejak anda menempuh pendidikan agama Islam di sekolah anda harus mengerti apa saja perjalanan islam yang sebenarnya dan juga  menjalin ukhuwah islamiyah lewat dakwah. Oleh karena itu anda harus berproses dari sikap kebodohan berubah jadi manusia beriman. Intinya menebarkan dakwah di FLP benar-benar berpikir positif

3. Mendapat Pengalaman Baru

Manfaat gabung FLP untuk mendapat pengalaman baru. Disitu akan menjumpai suasana baru yang dijadikan pengalaman yang tidak terlupakan, dan bersilaturahmi sesama penulis di nusantara. Selain itu anda juga menemukan keluarga baru. Suatu saat bila sudah jadi anggota bisa bersapa dengan penulis dan pegiat literasi yang berkompeten.

4. Menebar Kebaikan

Manfaat bergabung FLP untuk menebar kebaikan. Menulis dan menyampaikan dakwah dapat dikatakan sebagai menebar kebaikan lewat dalil naqli yang tertuang dalam Alquran dan assunah. Soalnya untuk memuat tulisan dibutuhkan referensi yang terpercaya dan aktual. Siapapun yang memuat tulisan akan mendapat nilai positif.

5. Berjiwa Organisasi

Manfaat gabung FLP menjiwai organisasi. Umumnya tidak hanya berkegiatan menulis dan mengoptimalkan ikut kajian juga memanajemen berorganisasi. Bila terpilih jadi kepengurusan FLP pandai berkonitmen untuk menjalani serangkaian kegiatan keorganisasian literasi dan dakwah yang bisa diminati masyarakat.

6. Mendapat Fasilitasi Program FLP

Bila lulus menjadi anggota FLP bakal mendapat fasilitas dari FLP berupa program kepenulisan, maupun terbit bersama yang diadakan oleh FLP. Untuk memenuhi syarat keikutsertaan dalam program tersebut anda harus punya kartu tanda Anggota. Dengan adanya KTA (Kartu Tanda Anggota) bakal difasilitasi program FLP yang mendatangkan dari penulis FLP yang berprofesional dan berpengalaman. Jangan khawatir jika ingin ikut seminar maupun workshop kepenulisan bersama FLP bakal difasilitasi oleh FLP cabang maupun wilayah.

7. Menjalin Silaturahmi dengan Penulis

Manfaat terakhir gabung FLP bakal bersilaturahmi sesama penulis baik nasional maupun mancanegara. Disitu anda bisa berbagi pengalaman proses kreatif oleh penulis dari kecil terinspirasi membaca buku hingga menerbitkan buku. Selain itu penulis bakal menampilkan buku yang diterbitkan dan segudang prestasi yang dicapai oleh penulis.

 

Kontributor,

M Ivan Aulia Rokhman, Anggota Devisi Kaderisasi FLP Surabaya. Penulis buku puisi, Blogger, dan Relawan Kelas Inspirasi Surabaya. Keseharian kuliah dan berorganisasi. Saat ini berdomisli di Surabaya.

NRA : 039/D/013/019

Related posts

Duka (Ridha) Sedalam Cinta

admin

Tantangan Penulis Muslim

Kontributor FLP

FLP Jaya Sepanjang Masa

admin

Leave a Comment