FAQ & Panduan Registrasi Online

admin

FAQ Registrasi Online FLP

Mengapa Harus ada Registrasi Online?

Program ini diadakan untuk pendataan ulang anggota Forum Lingkar Pena di seluruh dunia, sehingga didapat data jumlah anggota yang benar-benar valid. Selain itu, dengan konsep sistem yang mengharuskan adanya kerjasama antara pusat, wilayah, dan cabang maka program ini juga bisa digunakan sebagai alat pendeteksi apakah ada wilayah atau cabang yang manajemen serta komunikasinya bermasalah? Kepengurusannya tidak sehat? Atau berbagai masalah-masalah keanggotaan.

Apakah hanya anggota baru yang harus melakukan registrasi online?

Tidak, tapi semua yang tergabung (atau pernah tergabung) di sebuah cabang dan ingin mendapatkan pengakuan secara sah sebagai anggota FLP. 

Siapa yang harus melakukan registrasi online?

Registrasi dilakukan di tingkat cabang, dan dilakukan oleh orang yang ditunjuk perwakilan cabang FLP tersebut.

Apakah anggota boleh mendaftar secara individu?

Tidak, pendaftaran hanya boleh dilakukan oleh perwakilan, jadi kumpulkan biodata dan biaya registrasi kepada perwakilan yang ditunjuk, dan percayakan padanya untuk melakukan proses registrasi.

Apa yang pertama harus dilakukan jika saya ingin registrasi?

Anda anggota cabang? maka persiapkan biodata pribadi dan serahkan pada perwakilan cabang. Atau, Anda adalah perwakilan cabang yang ditunjuk secara sah? berarti Anda bisa mulai dengan mengirim data pribadi ke admin registrasi 0812-9587-3314 (Hendra) atau 0853-9603-5053 (Ariny) berupa: nama lengkap, email, no HP, alamat surat, wilayah, dan cabang yang Anda wakili.

Apakah ada nomor telepon alternatif seandainya admin tidak bisa dihubungi?

Anda bisa mengontak Wiwiek Sulistyowati (0812-874-7415) atau Sri Widiyastuti (0859-7476-2071)

Saya pengurus wilayah, apa bisa mendaftar atas nama wilayah?

Pengurus FLP wilayah dan pengurus FLP pusat yang ingin mengikuti proses registrasi, harus mengikutinya lewat cabang tempat dia memulai kegiatan FLP nya, atau (dalam kasus cabangnya tidak aktif, sudah dibekukan, atau berbeda kota) dapat ikut ke cabang FLP terdekat dari tempatnya beraktifitas

Bagaimana jika karena satu dan lain hal, cabang tidak bisa melakukan registrasi?

Disini pengurus wilayah dapat menjadi perwakilan untuk melakukan registrasi, dengan terlebih dahulu mengkonfirmasi situasinya kepada admin registrasi 0812-9587-3314 (Hendra) atau 0853-9603-5053 (Ariny) .

Apakah yang tidak mau mendaftar berarti bukan anggota FLP?

Secara teknis iya, tapi mereka tetap diperbolehkan mengikuti kegiatan cabang, hadir dalam diskusi rutin, bahkan membantu di kepanitiaaan acara FLP. Hanya saja mereka tidak berhak mengaku sebagai anggota FLP dan menggunakan nama atau simbol FLP dalam setiap aktifitas mereka, terutama yang berhubungan dengan kepenulisan, sekaligus menkmati fasilitas yang memerlukan NRA.

Saya pengurus FLP tapi saya tidak mau registrasi, apakah saya harus keluar dan meletakkan jabatan saya?

Anggota yang sedang memegang amanah sebagai pengurus baik di tingkat cabang, wilayah, atau pusat yang tidak ingin melakukan registrasi akan dibiarkan untuk melanjutkan tugas sampai masa jabatannya selesai. Karena ini berkaitan dengan amanah. Setelah itu dia harus melepaskan jabatannya dan selama tidak melakukan registrasi maka dia tidak boleh menjabat di kepengurusan FLP.

Apakah urutan NRA bisa diatur sesuai keinginan?

Bisa, NRA mengikuti urutan input. Misalnya, ada anggota yang ingin punya NRA nomor 001, maka perwakilan harus memasukkan nama orang tersebut pertama kali  saat sedang mendaftarkan nama-nama anggota. Begitupun jika ada yang memesan nomor, misalnya, 007 maka setelah perwakilan meng-input enam nama lain baru nama orang itu bisa dimasukkan.

Apakah perwakilan tetap harus mengisi namanya di data anggota?

Tetap harus, karena pada dasarnya perwakilan adalah anggota juga, hanya bedanya dia adalah anggota yang sedang mendapat amanah khusus.

Apakah data email dan twitter wajib diisi?

Twitter tidak, tapi email wajib ada. Karena data email diperlukan untuk verifikasi data NRA. Bila mengalami keluhan soal pengisian data email silahkan kontak admin langsung

Apakah registrasi ini ada biayanya?

Ada, biayanya Rp 25.000,- per orang, uang itu dikumpulkan ke perwakilan cabang yang ditunjuk, biarkan dia yang menyelesaikan semua administrasi. Jadi uang tidak disetorkan sendiri-sendiri

Ke mana uang itu disetorkan? dan bagaimana prosedurnya?

Silahkan transfer uang tersebut ke rekening Bank Syariah Mandiri 703.310.1858 a.n. Lembaga Forum Lingkar Pena. Lalu  konfirmasi ke Bendahara Pusat, mbak Wiwiek Sulistyowati (0812-874-7415) dengan format: REGISTRASI#nama cabang#jumlah uang#tanggal transfer

Apakah jumlah setoran harus sama dengan nama yang masuk?

Kalau bisa sama supaya proses verifikasi lebih mudah. Tapi seandainya tidak pun (mendaftarkan 10 nama, tapi hanya transfer untuk 5 orang), silahkan memberikan nama-nama yang membayar ke  admin, supaya admin tidak salah memverifikasi NRA

Dengan membayar sebesar itu, apa yang saya dapat?

Nomor Registrasi Anggota (NRA), Kartu Tanda Anggota (KTA), dan beberapa rencana yang masih dibicarakan di tingkat pusat. Antara lain menjadikan KTA itu sebagai kartu diskon di beberapa produk sponsor, dan mendapat potongan harga tertentu di acara-acara yang diadakan oleh FLP Pusat. (detail akan menyusul kemudian)

Bila ada masalah dengan KTA, kemanakah perwakilan harus mengontak?

Untuk permasalahan KTA, perwakilan bisa mengontak 0812-9587-3314 (Hendra)

Perwakilan sudah memegang data anggota, tapi uang belum terkumpul semua, apakah boleh langsung mendaftar?

Boleh, meski uang belum terkumpul tapi tidak masalah bila perwakilan ingin mendaftarkan nama-nama terlebih dahulu. Nanti ketika ada uang maka barulah admin melakukan transfer sekaligus konfirmasi. Beberapa contoh: ada cabang yang sudah menginput 53 nama tapi membayarnya dicicil, 10 orang, lalu 5 orang, lalu 13 orang, dst, itu tidak masalah. Namun ada batasan yaitu minimal 5 orang anggota dalam sekali pembayaran. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pembayaran dan verifikasi data

Bagaimana jika saya lupa NRA atau kartu saya hilang?

Jika KTA hilang, Anda dapat membuat lagi dengan biaya yang sama dengan registrasi awal, yaitu Rp 25.000,00. Silakan hubungi admin registrasi 0812-9587-3314 (Hendra) atau 0853-9603-5053 (Ariny). Sementara jika NRA hilang atau lupa, Anda dapat bertanya pada perwakilan cabang atau silakan kunjungi link NARAbaca ini.  Masukkan nama Anda, dan klik Enter. Selanjutnya NRA akan dikirimkan ke e-mail Anda. 

================================

Panduan Registrasi Online FLP

Langkah 1 : Menerima Email Dari Admin

Bila nama anda sudah ditetapkan sebagai perwakilan cabang untuk jadi PENDAFTAR, maka anda akan menerima email seperti ini dari ADMIN (nama pendaftar dan nama cabang hanya sebagai contoh):

007

 Catatan: beberapa email mungkin akan masuk ke folder spam, silahkan dicek juga ke sana. Bila Anda  ingin mendaftarkan diri menjadi perwakilan registrasi cabang, atau bila Anda merupakan perwakilan registrasi cabang yang sudah tercatat namun belum mendapat username dan password seperti ini, silahkan kontak admin registrasi (0812-9587-3314)

Langkah 2 : Melakukan Login

Lakukan login ke http://registrasi.flp.or.id, lalu masukkan username dan password yang telah dikirim ke email

001

Langkah 3 : Memasukkan Data Anggota

Setelah masuk, pilih menu “Registrasi” lalu klik “Anggota”

002

aaa

aaa

Untuk melakukan registrasi anggota, pilih menu “Anggota Add”

003

aaa

aaa

Isi data-data anggota sesuai dengan kolom yang tersedia, kolom yang menggunakan bintang merah wajib diisi. Lalu pilih “Save and Next” bila anda ingin mengisi data lebih dari satu anggota, atau “Save and Close” bila anda selesai mengisi data dan kembali ke menu utama

004

Beberapa catatan tentang pengisian form:

  • Wilayah dan Cabang sudah tidak bisa diubah lagi, kolom tersebut sudah terisi default mengikuti wilayah dan cabang PENDAFTAR. Maka Anda tidak bisa mendaftarkan FLP cabang lain kecuali memiliki username dan passwordnya
  • Untuk pengisian tanggal lahir, pilih BULAN terlebih dahulu, baru pilih TANGGAL nya
  • Bila Anda akan meregistrasi beberapa nama dalam satu waktu, diharapkan menggunakan tombol “Save and Next”, karena nanti Anda akan menerima email rekap dari seluruh nama yang masuk. (Ilustrasi: bila anda mendaftarkan 20 nama, maka dengan tombol “Save and Next” Anda akan menerima konfirmasi 20 nama itu dalam 1 email, sementara bila memakai tombol “Save and Close” Anda akan menerima konfirmasi 20 nama itu dalam 20 email.)
  • Perwakilan harap memasukkan alamat lengkap untuk pengiriman surat, karena nanti KTA akan dikirim ke alamat perwakilan tersebut, bukan ke alamat anggota

aaa

aaa

Misalnya, Anda meregistrasi 3 nama, maka setelah mengklik “Save and Close”, Anda akan mendapat hasil seperti ini:

005

Catatan: lingkaran merah menunjukkan menu untuk mengedit dan melihat data

Langkah 4 : Menerima Email Pembayaran Dari Admin

Bila registrasi berhasil, maka Anda akan menerima email yang isinya sebagai berikut:

 

006-a

Catatan: beberapa email mungkin akan masuk ke folder spam, silahkan dicek juga ke sana. Bila seandainya setelah menunggu beberapa saat (15-30 menit) email jumlah pembayaran ini belum masuk juga, maka Anda bisa langsung saja melakukan transfer sebanyak jumlah nama yang tadi anda masukkan dikali Rp 25.000,-  dan jangan lupa konfirmasi. Tidak usah menunggu email lagi.

Langkah 5 : Lakukan Transfer dan Konfirmasi

Lakukan transfer sesuai nominal yang ada di email, uang pendaftaran dikirim ke nomor rekening yang ada di email. Setelah itu Anda harus mengkonfirmasi ke admin lewat nomor telepon yang juga ada ada pada email. Atau dalam kasus email jumlah pembayaran tidak masuk, maka silahkan transfer uang tersebut ke rekening Bank Syariah Mandiri 703.310.1858 a.n. Lembaga Forum Lingkar Pena. Lalu  konfirmasi ke 0812-874-7415 dengan format: REGISTRASI#nama cabang#jumlah uang#tanggal transfer

Langkah 6 : Pengiriman NRA dan KTA

Setelah Bendahara menerima konfirmasi pembayaran, maka Admin akan memverifikasi NRA dan akan mengirimkannya lewat email perwakilan, dan NRA akan dikirim lewat alamat perwakilan yang sudah terdaftar di data anggota

aaa

SELAMAT BEKERJA!