Berita Kabar

Tips Menulis Untuk Pemula: Kuncinya Kreativitas!

JAKARTA, FLP.or.id — “Tuangkan ide yang belum pernah ada,” kata Sri Widiyastuti ketika berbicara mengenai proses kreatif penulis. Penulis yang juga anggota Badan Pengurus Pusat FLP itu hadir sebagai pemateri dalam Kelas Menulis Cerita Detektif di Kantor Pusat Sebangsa.com pada Jumat (19/08/2016) kemarin.

Untuk bisa menuangkan ide tersebut, menurut Sri, kuncinya adalah kreativitas. Sebagai kiat konkritnya, Sri menyarankan agar membuat mind map dalam menuangkan ide.

Lebih lanjut Sri menjelaskan langkah-langkah dalam penulisan naskah cerita pendek. Pertama, berkaitan dengan menentukan target pembaca, anak-anak ataukah dewasa. Hal ini bisa dipahami, karena pembaca yang berbeda perlu pendekatan pembahasaan yang sesuai pula.

Langkah berikutnya, menentukan genre atau jenis ceritanya. Apakah horor, misteri, atau lainnya. Kemudian baru menggarap unsur intrinsik cerita, terutama penokohan atau karakter.

Selain itu Sri juga berpesan untuk tetap berpegang pada idealisme sebagai penulis. Tetapi tentu saja ini ada rambu-rambunya “Jangan sampai menggurui,” ucap Sri.

Acara yang digelar Komunita.ID, Sebangsa, bekerjasama dengan DetectivesID dan Forum Lingkar Pena tersebut, merupakan rangkaian dalam program #BincangHangat bersama Komunitas. (red/sw)

Related posts

Pengumuman 10 Peserta Terpilih Pelatihan Penulisan Serial Buku Bacaan Anak yang Inklusif dan Berjenjang

admin

Sayembara Cerita Mini Kawasan Timur Tengah & Afrika

admin

FLP Yogya Adakan Pelatihan Menulis untuk Anak-anak Sekolah Dasar

admin

Leave a Comment