Rapat Koordinasi BPP FLP: Divisi Jaringan Wilayah – Divisi Bisnis – Divisi Humas

2 menit baca |

Sabtu, 21 April 2018. Bersama Ketua Harian 1 BPP FLP (Khairani) selaku pimpinan di rumpun divisi-divisi internal, saya menghadiri Rapat Koordinasi BPP FLP triwulan II selama 2 hari (21-22 April 2018). Bertempat di Sekretariat BPP FLP Jl Rebab 1 nomor 210, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok. Rapat Koordinasi ini merupakan bagian dari pengejawantahan Musyawarah Pengurus yang telah dipandu dalam AD/ART FLP. Merupakan forum pengambilan keputusan di struktur organisasi FLP (AD pasal 11 ayat 1), yang terkait dengan gerak operasional FLP (AD pasal 16 ayat 1). Musyawarah pengurus ini untuk tingkat pusat diadakan sekurang-kurangnya satu kali dalam 6 bulan (ART pasal 25 ayat 1), berbeda untuk tingkat wilayah yang diadakan sekurang-kurangnya 1 kali dalam 3 bulan (ART pasal 26).

Rapat ini fokus pada evaluasi dan pembenahan tata koordinasi antar Divisi. Hal itu ditekankan oleh Ketua Umum Afifah Afra dalam kalimat sambutannya, “Kita selama ini kurang mengagendakan koordinasi.” Begitu evaluasinya, dan ini yang akan menjadi konsen utama seiring bertumbuh dan berkembangnya FLP. Pesan ini bagi Divisi Jaringan Wilayah, punya makna lebih. Sebab tema koordinasi ini akhirnya bukan sekadar koordinasi antar Divisi di BPP, melainkan juga koordinasi antara pusat dengan wilayah, antara wilayah dengan cabang, antara cabang dengan ranting, serta antar wilayah itu sendiri. Hingga FLP di manapun akan saling tertaut sebagai satu organisasi. Tema kerapihan organisasi ini juga menjadi arahan Dewan Pertimbangan di awal Rapat Koordinasi kali ini. “Kerapian organisasi memang perlu ketegasan,” begitu pesan mbak Rahmadiyanti Rusdi, Sekretaris Dewan Pertimbangan FLP. Maksudnya, kita perlu evaluasi berkala lalu merumuskan bersama. Sehingga tidak ada jeda kevakuman struktur yang terlalu lama. Pesan ini kiranya juga perlu menjadi perenungan di kepengurusan wilayah, cabang dan ranting.

Baik. Dalam catatan ini, saya akan fokus pada kelindan hubungan antara 3 Divisi dari tiga rumpun (Internal, Eksternal dan Kesekretariatan) yang telah saling berkoordinasi hingga ke tingkat wilayah. Tiga Divisi itu adalah Divisi Jaringan Wilayah (rumpun internal), Divisi Bisnis (rumpun ekternal) dan Divisi Humas (rumpun kesekretariatan). Sebelumnya, Divisi Jaringan Wilayah telah memfasilitasi Divisi Humas untuk mengadakan pelatihan kehumasan wilayah dan memfasilitasi Divisi Bisnis untuk mengadakan koordinasi program bisnis di wilayah.

Program-program terkait wilayah yang terkoordinasikan di Rapat Koordinasi ini ada dari kedua Divisi tersebut. Dari Divisi Bisnis telah menyampaikan program kerjasama dengan Kemenkumham untuk pembinaan literasi di lembaga pemasyarakatan (lapas). Nantinya akan ada 10 wilayah pilihan. BPP FLP telah membentuk Tim 5 yang merumuskan konsep pelaksanaan pelatihan literasi di lapas, sebagai bekal bagi wilayah-wilayah pilihan tersebut. Dari Divisi Humas akan konsen dengan pelatihan rutin kehumasan wilayah, yang tahap pertamanya telah berlangsung sebulan lalu. Kehumasan wilayah nanti akan ditautkan dengan situs pusat FLP, sehingga pengarsipan kegiatan wilayah dan cabang cukup melalui artikel yang dikirim wilayah (cabang).

Adapun Divisi Jaringan Wilayah secara umum menyampaikan dalam Rapat Koordinasi ini, bahwa sebaiknya informasi terkait peluang dan sebagainya dapat disosialisasikan melalui Jaringan Wilayah. Sehingga struktur FLP semakin solid, dari Pusat intensif berkoordinasi dengan Wilayah, begitupun Wilayah dengan Cabang, hingga tersosialisasikan dengan baik ke anggota. Dengan demikian, anggota akan tetap memiliki rasa keterkaitan dengan cabang dan wilayahnya sebagai struktur yang menaunginya. Misalkan Divisi Bisnis memerlukan staff-staff bisnis, maka dicari melalui Jaringan Wilayah. Begitupun dengan syarat mendapatkan Surat Rekomendasi dari BPP, Sekretaris BPP akan mengecek NRA dan Surat Pengantar cabangnya. Bila hubungan anggota dengan cabangnya baik, lalu hubungan cabang-wilayah-pusat terkoordinir dengan baik pula, maka FLP akan semakin kokoh dan optimal menghadirkan kemaslahatan bagi dunia literasi.

Jakarta, 3 Mei 2018

Irfan Azizi
Koordinator Divisi Jarwil BPP

Post Author: Irfan Azizi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *