Gelar SG, FLP Jakarta Bekali Calon Anggota Angkatan 21

1 menit baca |

JAKARTA—Ahad (23/07) menjadi permulaan babak bagi para calon anggota baru Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Jakarta angkatan ke-21. Bertempat di Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq, Jakarta Timur, Studium Generale Pramuda 21 FLP Jakarta digelar sekaligus sebagai ajang perkenalan para calon anggota baru.

Dihadiri oleh pembicara andal di bidang kepenulisan, acara tersebut mampu menarik antusiasme peserta yang hadir. Adalah Dr. Rulli Nasrullah, M.Si, atau akrab disapa Kang Arul, dan Yanuardi Syukur, S.Sos, M.Si alias Kang Yankur, yang diundang panitia untuk membawakan materi pengantar seputar dunia kepenulisan pada SG yang bertemakan “Merangkai Kata, Menjejak Makna” itu. Secara umum, acara SG berlangsung dengan meriah dan apik disertai kegiatan pendukung seperti praktik free writing, deklamasi puisi, dan pemutaran film produksi FLP Jakarta.

Sesi pertama diisi oleh Kang Arul dengan mengungkapkan pengalaman pribadinya selama menjadi penulis di beberapa media. Pemilik situs http://www.dosengalau.com itu juga banyak menekankan pada aspek pentingnya self-branding, khususnya untuk para penulis pemula.

Adapun Kang Yankur yang mengisi di sesi kedua lebih menitikberatkan bahasan tentang lika-liku perjalanan dakwah seorang penulis. Menurutnya, penulis harus memiliki misi dakwahnya sendiri dan selalu berpikir kritis. Tak lupa ia juga berpesan kepada peserta SG untuk tak berpatah semangat dalam menjalani proses menulis.

Baik Kang Arul maupun Yanuardi, keduanya menyarankan untuk memilih self-publishing dalam memulai menulis buku. Banyak keuntungan yang mampu diraup dari menerbitkan buku secara mandiri tersebut dibandingkan buku yang diterbitkan dari hasil naskah yang penulis kirim ke penerbit-penerbit mayor di Indonesia. Selain itu, dengan mencetak dan memasarkan hasil karyanya sendiri, kata kedua pembicara tersebut, para penulis pemula tidak perlu khawatir akan penolakan yang selama ini kerap dialami ketika mengirimkan naskah ke penerbit mayor.

*Ahmad Fajar N. Pramuda Angkatan 21 FLP Jakarta.

Post Author: admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

1 thought on “Gelar SG, FLP Jakarta Bekali Calon Anggota Angkatan 21

    Nur Afilin

    (4 Agu 2017 - 9:34 am)

    Terima kasih, mbak Sri Widiyastuti, dkk. Tetap semangat, Pramuda 21 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *