Berita Kabar Karya

Oleh-oleh dari Celebes! Ini 3 Tips Menulis Cerpen Menurut Gegge Mappangewa

JAKARTA, FLP.or.id — Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) mengadakan Training of Writing and Recruitment (ToWR) pada akhir Juli 2016 lalu di Masjid Darul Istiqomah, kota Maros. Hadir sebagai satu di antara banyak pemateri adalah S. Gegge Mappangewa. Penulis yang karya-karyanya memenangkan banyak penghargaan itu, berbagi materi mengenai menulis cerita pendek.

Menurut pria yang biasa dipanggil Daeng Gegge tersebut, ada 3 tips dalam menyelesaikan penulisan cerita pendek.

1. Fokus ke ide.
Upaya untuk fokus kepada ide ini, harus benar-benar terbukti, dalam adegan atau peristiwa yang diceritakan. “Bukan sekadar menggambarkan aksi mulai dari bangun tidur hingga bangun lagi, tanpa ada hubungan dengan ide,” ujar Daeng Gegge.

2. Eksplorasi latar.
Latar dikenal sebagai unsur penting dalam suatu cerita. Tanpa latar, suatu cerita bisa buram, samar malah berantakan. Karena pembaca dapat bertanya-tanya, di mana kejadiannya, bagaimana bisa terjadi di sana, dan sebagainya. Sehingga latar perlu digali, dieksplorasi, jangan cuma sekilas padahal penting dalam membangun keutuhan cerita. Daeng Gegge pun menuturkan tips nyata ihwal eksplorasi latar ini, “jangan hanya fokus deskripsikan  tempat, tapi juga observasi latar budayanya.”

3. Imajinasi
Kalau tips nomor satu, fokus ke ide, sudah dilakukan, tips ini tak kalah pentingnya. Daeng Gegge mewanti-wanti agar penulis mengembangkan ide dengan imajinasi. “Bukan fokus ke apa yang tokoh lakukan, tapi juga, kepada apa yang ia lihat, ia dengar, ia ciumi baunya, dan apa-apa yang si tokoh imajinasikan,” papar Daeng Gegge menerangkan.

Demikian itu 3 tips menulis cerpen yang dibagikan Daeng Gegge di acara ToWR FLP Sulsel. Kalau sudah tahu dan mengerti, maka tunda apa lagi. Yuk salurkan semangat berkarya, segera ‘ambil penamu’ dan menulislah!

Bagi kamu yang punya passion menulis dan berdomisili di Sulawesi Selatan, akhir tahun 2016 nanti, dijadwalkan akan diselenggarakan ToWR FLP Sulsel gelombang berikutnya. Demikian keterangan yang disampaikan Fahrudin Achmad, Ketua FLP Wilayah Sulawesi Selatan.

Jangan lewatkan kesempatkan bertemu dan berdiskusi langsung dengan para penulis berpengalaman. Untuk info selengkapnya, kamu dapat menghubungi nomor 0813 4250 1014.

Related posts

Visi Ketuhanan dalam Berkarya (bag 1)

Thomas Utomo

Membangun Jejak Kepenulisan; Oleh-oleh dari Yogyakarta (1/2)

admin

5 Hal yang (Mungkin) Buruk yang (Mungkin) Terjadi pada Penulis

Sinta Yudisia

1 comment

Afifah Afra 14 Agu 2016 at 7:13 pm

Kereeen… btw, web FLP makin cantik dan selalu update…
Selamat ya, buat tim Humas 🙂
4 jempol deh

Reply

Leave a Comment