Opini

7 Fakta Menarik Forum Lingkar Pena Jepang

Forum Lingkar Pena Jepang

FLP.or.id,- Sebagai komunitas menulis yang sudah lama berdiri di tanah air, tahun 1997 tepatnya, Forum Lingkar Pena sudah pasti tersebar di berbagai daerah. Menurut Bunda Aprilina Prastari, salah satu pengurus pusat, komunitas menulis yang didirikan oleh Bunda Asma Nadia, Bunda Helvy Tiana Rossa, serta Uni Maimon Herawati ini memiliki 101 cabang dan 31 wilayah.

Tidak hanya ada di Indonesia saja bahkan, melainkan juga luar negeri, salah satunya -seperti yang akan dibahas di tulisan ini- Forum Lingkar Pena Jepang. Jika kalian datang ke negeri sakura entah untuk menetap dalam jangka waktu lama atau hanya sekadar jalan-jalan, tidak ada salahnya menyambangi Forum Lingkar Pena Jepang.

Namun sebelumnya, kalian perlu tahu 7 fakta menarik Forum Lingkar Pena Jepang agar kelak ketika ada kesempatan silaturahmi ke sana sudah ada bekal informasi. Apa saja 7 fakta menarik Forum Lingkar Pena Jepang yang perlu kalian tahu?

Berawal dari berkumpulnya pelajar muslim Indonesia di Jepang

Meski mulanya hanya sebagai wadah silaturahmi, namun seiring berjalannya waktu ditambah semakin banyaknya tulisan anggota yang dimuat di berbagai media, maka keinginan untuk membentuk komunitas menulis pun meningkat. Juni 2003, dibuatlah mailing list Forum Lingkar Pena Jepang sebagai langkah konkretnya. Awal Januari tahun berikutnya, pelatihan menulis perdana bertajuk “Ayo Menulis” diadakan. Acara tersebut rupanya menjadi cikal bakal berdirinya Forum Lingkar Pena Jepang secara resmi.

Salah satu antologi Forum Lingkar Pena Jepang difilmkan

Jika kalian pernah menonton film La Tahzan produksi Falcon Pictures yang dibintangi oleh artis
terkenal Atiqah Hasiholan dan Joe Taslim, maka sesungguhnya film tersebut diadaptasi dari
antologi Forum Lingkar Pena Jepang berjudul sama.

Sejalan dengan bukunya, film yang lokasi syutingnya di Jepang ini juga ingin mengedukasi penonton bahwa nilai-nilai Islam sesungguhnya tidak hanya bisa ditemukan di negara mayoritas muslim saja, melainkan juga di negara dimana umat muslim menjadi minoritas seperti negeri sakura. Meski antologi Forum Lingkar Pena Jepang difilmkan tujuh tahun yang lalu, namun ditonton di masa sekarang pun masih sangat relevan. Terlebih, nilai-nilai yang disampaikan tidak lekang oleh zaman.

Forum Lingkar Pena Jepang menjadi salah satu komunitas di negeri sakura yang fokus pada literasi

Jika suatu saat ada kesempatan tinggal di Jepang, kalian akan dengan mudah menemukan beragam komunitas berisikan orang-orang Indonesia. Bahkan saking banyaknya, kalian mungkin akan bingung memilih yang mana. Namun demikian, komunitas yang benar-benar fokus hanya pada literasi belum terlalu banyak atau kalau boleh dikatakan sedikit.

Bila pun ada, sifatnya masih menjadi bagian dari divisi atau belum berdiri sendiri. Forum Lingkar Pena Jepang adalah komunitas yang benar-benar fokus mengembangkan dan mengedukasi hal-hal yang berhubungan dengan literasi.

Beranggotakan orang Indonesia dari beragam prefektur

Jika di Indonesia satu wilayah Forum Lingkar Pena memiliki beberapa cabang, berbeda dengan di Jepang. Anggota Forum Lingkar Pena Jepang adalah orang Indonesia yang tinggal dari berbagai macam prefektur atau kalau di Indonesia setara dengan provinsi.

Banyak yang tertarik menjadi anggota meskipun tidak tinggal di Jepang

Ya, rupanya negeri sakura masih memiliki daya tarik yang cukup besar di tanah air. Hal tersebut dibuktikan dengan cukup banyak yang ingin menjadi bagian dari Forum Lingkar Pena Jepang meskipun tidak tinggal di Jepang.

Punya banyak karya

Meski sempat hibernasi beberapa waktu karena kesibukan masing-masing, namun karya Forum Lingkar Pena Jepang tidak bisa disebut sedikit. Sebut saja La Tahzan for Students yang difilmkan, Hikari no Michi, Magnitudo 9, Bunda Sakura, Jepang Ternyata, Ramadan Tiba, Getar Asa di
Negeri Sakura, Sakura Mekar di Padang Salju, Kunang-kunang dan Bidadari, dan masih banyak lagi.

Desain Instragram Forum Lingkar Pena Jepang Menarik

Kalau menyambangi Instagram Forum Lingkar Jepang di @flpjepang, kalian akan melihat desain feed-nya yang menarik dan bertema. Ya, hal tersebut karena Forum Lingkar Pena Jepang berkomitmen tidak hanya ingin menyebarkan tulisan bermanfaat saja, melainkan juga gambar- gambar menarik yang mampu menyegarkan mata pembaca.

Sebagai salah satu bagian dari komunitas menulis terbesar, Forum Lingkar Pena, komitmen Forum Lingkar Pena Jepang untuk terus belajar dan memperbaiki diri terus-menerus mengadopsi prinsip kaizen Jepang akan selalu tertancap di hati. Semoga Forum Lingkar Pena Jepang kelak bisa menjadi perpanjangan tangan untuk mempromosikan Indonesia lebih-lebih bidang literasi di negeri sakura.

Profile Penulis

Miyosi Ariefiansyah Bergabung di Forum Lingkar Pena sejak 2009. Saat tinggal di Bekasi menjadi anggota FLP Bekasi dan kini menjadi bagian dari FLP Jepang karena tinggal di negeri sakura. Selain menjadi penulis dan editor, juga aktif menulis di miyosiariefiansyah.com dan IG @miyosiariefiansyah.

Related posts

FLP Sebagai Support System

admin

Brexit dan Tantangan Multikulturalisme di Britania Raya

Ganjar Widhiyoga

5 Hal yang (Mungkin) Buruk yang (Mungkin) Terjadi pada Penulis

Sinta Yudisia

1 comment

Murni Oktarina 26 Des 2020 at 3:47 pm

Keren banget FLP Jepang. Semoga makin bersinar.

Reply

Leave a Comment