Opini

5 Tips Menghindari Hoaks di Media Sosial yang Mudah Dilakukan

tips hindari hoaks

FLP.or.id,- Kemajuan teknologi digital, menjadikan ponsel dengan mudah menerima informasi apa pun lewat internet. Sayangnya, tidak semua informasi itu berisi berita yang benar. Tidak sedikit dari informasi itu berisi berita bohong atau hoaks. Untuk itu, kita harus tahu tips menghindari hoaks agar tidak terjebak dengan berita bohong yang ada.

Berita bohong atau hoaks menjadi fenomena sejak media sosial berkembang dan mudah diakses lewat ponsel. Semakin banyak pengguna media sosial, makin sering pula dijumpai berita hoaks setiap hari.

Bagaimana cara menghindari hoaks? Salah satunya dengan mengenalkan tips menghindari hoaks di media sosial untuk para penggunanya. Tips menghindari hoaks ini mudah dipahami. Tujuannya agar pengguna media sosial yang beragam usia dan latar pendidikan segera mengerti bagaimana cara menghindari hoaks dan melawannya. Untuk lebih jelas, silakan simak tips menghindari hoaks di media sosial berikut ini.

Ada 5 tips menghindari hoaks di media sosial yang mudah dilakukan siapa pun, yaitu:

1. Jangan terpengaruh oleh judul berita yang provokatif atau hasutan

Berita yang provokatif bertujuan menyalahkan satu pihak atas kejadian tertentu dan menuntun opini pembaca agar menyetujuinya. Untuk itu, cek minimal tiga situs web pemberitaan resmi lainnya. Apakah sesuai atau tidak dengan berita itu.

2. Lihat dengan teliti alamat website yang digunakan

Alamat situs web berita yang tidak jelas, tidak resmi, dan tidak terverifikasi berpotensi menyebarkan informasi yang tidak valid kebenarannya.

3. Teliti Fakta atau opini

Tiap informasi yang didapat, cek apakah itu fakta dari berbagai sumber yang resmi atau hanya berupa opini penulis. Untuk masalah agama, cek sumber kitab yang dipakai dan kata ulama.

4. Cek keaslian foto atau video

Banyaknya perangkat lunak untuk mengedit foto dan video, membuat pembuat hoaks mudah memanipulasi foto dan video untuk menyudutkan pihak tertentu.

5. Jangan menyebar hoaks.

Sebelum disebar ulang, cek dulu dengan empat langkah di atas, kalau itu hoaks, jangan disebarkan.

Demikianlah 5 tips menghindari hoaks di media sosial yang mudah dilakukan. Apabila tips menghindari hoaks itu kita lakukan, maka berita bohong atau hoaks dapat dicegah tersebar di media sosial. Bagaimana, apa kamu siap melawan hoaks? Yuk, teliti sebelum menyebarkan informasi apa pun.

Kontributor

Sokat Rachman dari FLP Jakarta. Tinggal di Jakarta, penulis beberapa cerita anak-remaja serta skenario, termasuk mengisi blog www.sokatandlife.com

Related posts

Kebudayaan Indonesia Dalam Imajinasi

Kontributor FLP

FLP Jaya Sepanjang Masa

admin

Menyikapi Konspirasi

Yanuardi Syukur

Leave a Comment