FLP Jawa Barat: Bertumbuh di Taman Menulis dan Berkembang dengan Jabbar Corps

1 menit baca |

Kamis, 25 Januari 2018. Untuk kesekian kalinya saya jalan bersama Aa Boy, panggilan akrab Ketua FLP wilayah Jawa Barat. Saya mengamati, dengan segudang kegiatan yang diarunginya, Aa Boy mampu menyediakan ruang dan waktu yang spesial untuk menggerakkan organisasi literasi bernama FLP ini. FLP Jawa Barat memang sedang dalam proses membenahi struktur internal sekaligus menggali potensi-potensi dirinya. Maka syukur alhamdulillah, yang menjadi Ketua-nya merupakan seorang organisatoris filantropis bernama Mahabb Adib-Abdillah. Itulah nama lengkapnya.

Sebagaimana yang kita ketahui, saat ini FLP tengah bergiat menguatkan kembali tiga pilar: Keorganisasian, Kepenulisan, dan Keislaman. Maka, saya lihat FLP Jawa Barat dengan 9 cabangnya saat ini, bermaksud mengambil perannya untuk ikut menguatkan tiga pilar tersebut. Keinginan tersebut tampak dalam program-programnya, sembari terus mengembangkan jangkauannya yang akan bertambah 5 cabang baru.

Di pilar Keorganisasian, saat ini FLP Jawa Barat sedang melakukan pendataan yang rapi dan tertib terkait sebaran anggota. Hingga muncul slogan “homecoming” guna mengajak anggota-anggota lama kembali ke rumah besar FLP Jawa Barat. Di pilar Kepenulisan, FLP Jawa Barat tengah melakukan penataan program kerja yang disesuaikan dengan minat dan bakat para anggota-anggotanya. Apalagi jalinan kerjasama dengan penerbitan seperti Bitread begitu harmonis, sehingga naskah-naskah karya anggota FLP Jawa Barat dapat menemukan muaranya. Selain itu, FLP Jawa Barat memiliki kerjasama dengan MQFM setiap Ahad pekan ke-3 dalam acara Bincang Sastra. Di pilar Keislaman, belum lama ini FLP Jawa Barat menggagas lahirnya kajian keislaman bernama Generasi Iqro guna memfasilitasi kebutuhan ruhani anggota-anggotanya.

Menariknya, yang terbaru dari FLP Jawa Barat kini adalah Jabbar Corps. Sebagai lini bisnis yang didirikan oleh pengurus saat ini, dengan fokus utama pemberdayaan dan kesejahteraan bagi anggota-anggotanya.

Selain itu, ada juga Taman Menulis yang didirikan sebagai kawah candradimuka kepenulisan dan kekaryaan anggota-anggotanya. Di mana Taman Menulis ini dibagi menjadi tiga kelas: Kelas Muda, Kelas Promosi Madya, dan Kelas Akselerasi Madya. Kehadiran Taman Menulis ini diharapkan bisa mengatrol kemampuan menulis dan kekuatan karya yang dihasilkan anggota FLP Jawa Barat.

 

Bandung, 1 Februari 2018

HD Gumilang
PJ Teritori Kalijawa – Divisi Jarwil BPP

Post Author: Irfan Azizi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *