Berita

Festival Sastra Migran Indonesia IV

IMG-20141112-WA0000CAUSEWAYBAY. Dalam rangka menggali potensi para migran Indonesia di bidang sastra, seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Forum Lingkar Pena Hong Kong mengadakan Festival Sastra Migran Indonesia IV pada hari Minggu, 19 Oktober 2014 di Ramayana Hall, Gedung KJRI Hong Kong. Acara dimulai jam 11.00 – 16.00. Dibuka secara resmi oleh Konjen RI di Hong Kong, Chalief Akbar.

Acara utama adalah “Konser Penulis” yang dimeriahkan dengan kegiatan menulis serentak selama 3 menit. Perwakilan dari KJRI Hong Kong, perusahaan sponsor, perwakilan dari FLP Hong Kong menulis di depan para audience dengan menggunakan laptop. Begitu pula dengan peserta yang hadir, mereka turut serta menulis di kertas yang sudah disediakan panitia. Semuanya menulis dalam bingkai tema “Terapi Hati”.

FSMI ini merupakan kegiatan tahunan FLP Hong Kong yang diadakan sejak tahun 2010. Ada pun tujuan FSMI adalah :

  • Menggali potensi para migran Indonesia khususnya di bidang sastra dan kepenulisan.
  • Memupuk rasa percaya diri dan kesadaran bahwa migran Indonesia mampu menjadi subjek acara yang bersifat hiburan edukasi.
  • Membudayakan cinta sastra dan budaya Tanah Air.
  • Memupuk minat baca tulis khususnya di kalangan BMI (buruh migran Indonesia) di Hong Kong.
  • Mengarahkan kegiatan berkelanjutan yang bermanfaat bagi para migran Indonesia di Hong Kong khususnya.
  • Memperkenalkan aktivitas BMI di bidang budaya, sastra dan kepenulisan kepada masyarakat Hong Kong dan Indonesia.

Hadir sebagai bintang tamu pada acara ini, ketua umum Forum Lingkar Pena (FLP), Sinta Yudisia. Ketua umum FLP yang juga psikolog ini menjadi narasumber “Konseling Hati”.

Acara yang padat selama satu hari tak membuat bosan para peserta. Karena banyaknya aktifitas menarik yang mereka tunggu-tunggu. Di dalam acara, FLP Hong Kong mengumumkan para pemenang lomba cerpen, opini dan puisi. Sepuluh finalis lomba puisi unjuk gigi membacakan puisi untuk dinilai oleh para dewan juri. Ada juga penampilan drama dari para anggota FLP serta hiburan dari para BMI Hong Kong baik atas nama pribadi maupun organisasi. Selain itu, acara ini juga bertabur doorprize.

FSMI IV juga dimeriahkan berbagai karya dari anggota FLP Sedunia, yakni Indonesia, Mesir, Pakistan, Kanada, Yaman, Hadramaut, Malaysia, Turki, dan kumpulan kisah inspirasi dari FLP Hong Kong “Miracle of Life”.

Festival Sastra Migran Indonesia IV ini didukung oleh KJRI Hong Kong, BRI Remittance Hong Kong, kartu sim Hemat CSL, tabloid ApakabarPlus, koran Berita Indonesia, majalah Uchty dan majalah CahayaQu. [Anna Ilham].

Related posts

FLP Hadramaut Menggelar Diklat Cerpen dan Bedah Cerpen

admin

Pelatihan Menulis Menandai Berdirinya FLP di Maroko

admin

10 Resensi Terbaik Pilihan FLP

admin

Leave a Comment