Rabu, Mei 11Literasi Berkeadaban - Berbakti, Berkarya, Berarti


Dunia Penelitian: Tren Baru bagi Anggota FLP

Ngobrol Bareng Litbang Peluang dan Tantangan Dunia Penelitian bagi Anggota FLP

 

Mencoba keluar dari zona “sunyi senyap”, divisi Litbang BPP FLP menggelar acara “Ngobrol Bareng Litbang: Peluang dan Tantangan Dunia Penelitian bagi Anggota FLP”, Minggu (30/01/22), dengan menghadirkan narasumber Dr. Setiawati Intan Savitri, M.Si, salah satu anggota Dewan Pertimbangan FLP sekaligus Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana.

Acara tersebut digelar selain untuk memperkenalkan Litbang dan program kerjanya, juga mengajak anggota FLP untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan penelitian dan pengembangan.

Kita tahu bahwa aktivitas penelitian masih dianggap berat, bahkan identik dengan teori-teori dan lekat dengan dunia akademis.

Namun bukan tidak mungkin, ke depan, bidang penelitian ini bisa dijadikan salah satu pilihan anggota dalam berkarya di FLP yang multi latar belakang pendidikan dan profesi sehingga aktivitas penelitian yang semula terasa berat, menakutkan dan menyeramkan, perlahan bisa mencair dan nyaman untuk dijalankan.

 

Zoom Meeting Ngobrol Bareng Litbang Peluang dan Tantangan Dunia Penelitian bagi Anggota FLP
Gbr. Bagaimana Memulai Penelitian dan Pengembangan

 

Tidak mudah memang mengurai atau mengubah sesuatu yang sudah melekat di benak sebagai hal yang rumit, serius, penuh teori-teori, bahkan terkadang membosankan ini. Namun, bukan tak mungkin, stigma itu perlahan memudar seiring dengan terus digaungkannya wacana bahwa penelitian itu tidak sejelimet yang dibayangkan.

Bukankah dalam banyak hal kita tidak terlepas dari yang namanya meneliti dan mengamati? Lalu, kenapa di FLP yang anggotanya sudah terbiasa dengan menulis (cerpen, novel, dan buku lainnya), kegiatan penelitian ini seolah masih berjarak dan belum mendarah daging dalam jiwa keanggotaannya?

Jawaban terbaiknya, tentu tidak bisa “asbun alias asal bunyi”, tapi lagi-lagi harus berdasarkan riset, riset, dan riset.

Oleh karena itu, sebagai sesama anggota FLP, mari kita jadikan aktivitas penelitian ini sebagai suatu kebiasaan yang asyik dan menyenangkan. Begitu bukan? (EA)

***

Ditulis oleh Dzanuryadi, Koordinator Divisi Litbang BPP FLP masa bakti 2021-2025.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pin It on Pinterest

Share This