TBI IAIN Surakarta Bekerjasama dengan FLP Karanganyar Selenggarakan Pelatihan Penulisan Populer

1 menit baca |

KARANGANYAR, FLP.or.id – Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Surakarta selenggarakan Pelatihan Penulisan Populer bagi Masyarakat Karanganyarr di Perpustakaan Daerah Kabupaten Karanganyar, Minggu, (15/04).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang membebaskan menuju kesadaran kritis dengan kemampuan sumberdaya yang ada. Selain itu kegiatan ini merupakan bentuk dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Jurusan TBI kepada masyarakat,” ujar Siti Isnaniah selaku Ketua Jurusan TBI.

Hadir selaku pembicara adalah dosen-dosen Jurusan TBI yaitu Siti Isnaniah, Dian Uswatun Hasanah, dan Endang Rahmawati. Materi pelatihan berupa teknik penulisan karya nonfiksi (esai) dan fiksi (cerpen).

“Out put dari kegiatan ini diharapkan perserta mengetahui perbedaan antara karya non fiksi dan fiksi sehingga dapat praktik membuatnya sendiri serta melek literasi”, ujar Isna.

Dilakukan MoU juga dalam kegiatan tersebut antara Jurusan TBI IAIN Surakarta dengan FLP Cabang Karanganyar. “Dengan adanya MoU antar Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta kedepannya dapat membantu pengembangan budaya literasi masyarakat Karanganyar. FLP Karanganyar saat ini konsen dalam pengembangan budaya literasi melalui pelatihan pelatihan”, jelas Agus Yulianto, Ketua FLP Cabang Karanganyar.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri peserta dari berbagai kalangan usia dan profesi, terdiri dari siswa, guru, ibu rumah tangga, dosen, pengusaha, dan masyarakat lainnya. Peserta sangat berantusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.

Post Author: admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *