Opini

Sebelum Menulis Puisi, Lakukan 3 Hal Ini

flp.or.id – Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang banyak diminati masyarakat. Tak heran jika banyak orang, termasuk kita pun berkeinginan untuk menulis puisi sendiri. Berbagai teknik menulis puisi dapat dengan mudah kita peroleh, baik dari buku maupun internet. Namun untuk menghasilkan sebuah puisi yang indah, menarik, dan dapat dimengerti oleh pembaca, kita perlu melakukan beberapa hal sebelum menuliskannya.

Berikut ini 3 (tiga) hal yang perlu dilakukan sebelum menulis puisi, yaitu:

Pertama, Kendalikan Emosi

 Seperti yang telah dikemukakan oleh Penyair Kebanggaan Indonesia, Almarhum Sapardi Djoko Damono, ia tak pernah menulis saat dirinya sedang dalam keadaan emosi yang tidak stabil, misalnya saat jatuh cinta, saat patah hati, saat sangat marah, sangat sedih atau bahkan sangat rindu.

Oleh karena itu, hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menulis puisi adalah kendalikan emosi. Kita dilarang terlibat secara emosional dengan apa yang akan kita tuliskan. Puisi yang dihasilkan oleh rasa yang terlalu menggebu, akan menjadikan puisi tersebut sebagai bahan pelampiasan.

Sebagai contoh, kita akan menulis puisi tentang kondisi Palestina. Namun saat itu kita sedang marah karena kekejaman yang diterima oleh rakyat Palestina. Maka puisi yang dihasilkan biasanya hanya akan berisi tentang pelampiasan emosi. Tidak menutup kemungkinan pula bahwa puisi tersebut tidak dapat diselesaikan.

Kalaupun selesai, bisa jadi puisi tersebut tidak dapat menyentuh pembacanya, malah menjadikan pembaca sungkan menikmatinya. Oleh karena itu, sebaiknya kendalikan dulu emosi yang ada. Tahan sejenak dan berilah jeda sampai emosi mulai menurun, lalu menulislah.

Kedua, Pilihlah Tempat yang Tenang

 Sebenarnya bukan hanya menulis puisi, kegiatan apapun yang membutuhkan konsentrasi biasanya dilakukan di tempat yang tenang. Apalagi dalam hal menulis sebuah puisi, konsentrasi amatlah penting agar pikiran bisa fokus dan diksi yang dipilih benar-benar sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dalam puisi tersebut.

Selain itu, di tempat yang tenang kita juga bisa mendapatkan inspirasi untuk menentukan tema puisi yang akan dituliskan. Penentuan tema ini merupakan salah satu teknis menulis puisi yang wajib dilakukan.

Ketiga, Siapkan Sebuah Kamus

 Sebagai penulis, biasanya ia akan berteman akrab dengan kamus. Hal ini berlaku pula untuk kita yang akan menulis sebuah puisi. Maka dari itu sebelum menulis puisi, siapkanlah sebuah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Boleh KBBI dalam bentuk fisik, boleh juga KBBI dalam bentuk aplikasi atau pun online.

Kamus dapat membantu kita dalam memilih kata yang tepat dan tidak monoton. Melalui kamus, dengan mudah kita bisa menemukan padanan kata yang akan kita gunakan dalam menulis puisi. Sebab kunci utama nyawa dalam puisi adalah diksi itu sendiri.

Itulah tiga hal yang bisa kita lakukan sebelum menulis puisi. Semoga dapat bermanfaat.

Salam literasi!

 

Biodata Penulis:

Murni Oktarina, anggota Divisi Kaderisasi FLP Cabang Palembang. Berprofesi sebagai auditor internal di salah satu kabupaten di Indonesia. Memiliki ketertarikan terhadap puisi sekaligus sebagai penikmat puisi. Untuk kenalan lebih lanjut, bisa menyapanya di akun IG @murnii.dudidam.

Related posts

Belajar Lebih Ikhlas di Idul Adha

Yanuardi Syukur

Ma’rifat Danarto

Yanuardi Syukur

Merayakan Komunitas Cerdas

Kontributor FLP

Leave a Comment