• Home
  • Pojok
  • Jarwil
  • Program Triwulan Ketiga 2018: Media Lokal, Legal dan Mentor Sebagai Penguat Pertumbuhan FLP
Jarwil Pojok

Program Triwulan Ketiga 2018: Media Lokal, Legal dan Mentor Sebagai Penguat Pertumbuhan FLP

Kamis, 19 Juli 2018. Melalui surat elektronik, Divisi Jaringan Wilayah BPP FLP telah mengirimkan program kerja Badan Pengurus Pusat Triwulan Ketiga yang ada kaitannya dengan wilayah maupun kaitannya dengan anggota dan masyarakat umum yang berada di lingkungan setiap cabang. Pada Triwulan Ketiga ini, dari Juli hingga September 2018, ada 6 Divisi + Sekretaris BPP yang memiliki program dalam kategori tersebut. Yaitu Sekretaris, Divisi Jaringan Wilayah, Divisi Bisnis, Divisi Rumcay, Divisi Humas, Divisi Litbang dan Divisi Kaderisasi. Untuk detailnya bisa ditanyakan ke Ketua Wilayah masing-masing.

Seperti biasanya, yang akan diulas di sini adalah program kerja Divisi Jaringan Wilayah saja. Sebab terkait program kerja divisi-divisi lainnya menjadi kewenangan Koordinator Divisi-nya untuk menjelaskan. Nah, apa yang menjadi program Divisi Jaringan Wilayah di triwulan III? Bila pada triwulan I, Divisi Jaringan Wilayah melakukan pendataan dasar dan pendistribusian aturan-aturan dasar, agar pertumbuhan FLP punya pondasi yang kokoh. Lalu pada triwulan II, Divisi Jaringan Wilayah membantu perumusuan program pengembangan FLP yang sangat terkait dengan Divisi Humas, Divisi Bisnis dan Divisi Rumcay. Kini di triwulan III, Divisi Jaringan Wilayah akan kembali menguatkan pola pertumbuhan FLP dengan tiga program selama tiga bulan ke depan.

Pertama di bulan Juli. Divisi Jaringan Wilayah akan menjalankan program “Menautkan humas wilayah dengan jejaring media-media lokal”. Dalam menjalankan program ini, kami akan berkolaborasi dengan Divisi Humas. Teknisnya, (1) Kang HD Gumilang selaku PJ Syiar Jarwil akan menyampaikan program tautan wilayah dengan minimal 1 media lokal. Lalu (2) Wilayah menindak-lanjuti dengan bersilaturrahim ke minimal 1 media lokal serta menetapkan PJ untuk kerjasama konten dengan media lokal. Berikutnya, (3) Kang HD Gumilang akan mendata media-media lokal yang punya tautan dengan wilayah serta merekap karya wilayah di media lokal. Setelah itu, (4) Divisi Humas akan mendapat data seluruh media lokal yang tertaut dengan wilayah dan memiliki dokumentasi karya wilayah di media lokal.

Kedua di bulan Agustus. Divisi Jaringan Wilayah akan menjalankan program “Mendaftarakan wilayah ke kesbangpol provinsi”. Dalam menjalankan program ini, kami akan berkolaborasi dengan Divisi Advokasi dan Divisi Litbang. Teknisnya, (1) Sekretaris Jarwil akan menyiapkan berkas untuk pendaftaran ke kesbangpol. Lalu (2) Bang Anugrah Roby Saputra selaku PJ Legal Jarwil akan menyampaikan berkas untuk pendaftaran kesbangpol ke seluruh wilayah melalui PJ Teritori. Berikutnya, (3) Wilayah membawa berkas ke kesbangpol. Setelah itu, (4) Bang Anugrah Roby Saputra mendata wilayah yang telah terdaftar di kesbangpol dan yang terkendala. Akhirnya (5) Divisi Advokasi dan Divisi Litbang mendapat data wilayah yang telah terdaftar di kesbangpol dan yang terkendala.

Ketiga di bulan September. Divisi Jaringan Wilayah akan menjalankan program “Mendata ketersediaan mentor Kepenulisan, Keislaman, Keorganisasian di masing-masing wilayah”. Dalam menjalankan program ini, kami akan berkolaborasi dengan Divisi Kaderisasi. Teknisnya, (1) Divisi Kaderisasi akan menyiapkan standar mentor Kepenulisan, mentor Keislaman dan mentor Keorganisasian. Lalu (2) Mbak Sri Yayu Indriyani selaku PJ Pemetaan SDM Jarwil akan menyampaikan standar mentor Kepenulisan, mentor Keislaman dan mentor Keorganisasian ke seluruh wilayah melalui PJ Teritori. Berikutnya, (3) Wilayah mendata ketersediaan mentor 3 pilar sesuai standar dari pusat. Setelah itu, (4) Mbak Sri Yayu Indriyani merekap peta sebaran mentor seluruh wilayah. Akhirnya (5) Divisi Kaderisasi mendapat data peta sebaran mentor seluruh wilayah.

 

Jakarta, 19 Juli 2018

Irfan Azizi
Koordinator Divisi Jarwil BPP

Related posts

[Seri Dua Minggu di Australia (Bag.5)] Bertanya pada Ahli Dzikr

admin

FLP Kalimantan Barat: Wilayah Generasi Awal yang Menyimpan Keistimewaan Tersendiri

Irfan Azizi

Berita Buruk Waktu Menulis

Yanuardi Syukur

Leave a Comment