Jumat, Desember 2Literasi Berkeadaban - Berbakti, Berkarya, Berarti


Pentingnya Penulis Paham Swasunting

Pentingnya Penulis Paham Swasunting

 

Belasan anggota FLP Solo angkatan ke-14 mengikuti kelas daring bertema teknik swasunting bagi penulis. Kegiatan ini berlangsung di Rumah Talenta, Depok, Banjarsari, Ahad (4/9/2022).

Swasunting atau self-editing merupakan proses menyempurnakan atau memperbaiki karya tulis secara mandiri oleh penulis itu sendiri.

Teknik swasunting tersebut dipaparkan oleh pemateri dari Dosen FIB UNS, Rianna Wati, S.S., M.A. Ia menekankan bahwa teknik swasunting menjadi bekal penting bagi penulis terutama jika nanti bekerja di sebuah penerbitan.

“Nanti dengan modal itu, kalau kita bekerja di sebuah penerbitan akan memudahkan. Bacalah karya tulis kita secara mandiri minimal tiga kali,” kata Rianna Wati di awal pemaparannya.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik swasunting, antara lain menguasai ejaan dengan melihat EYD, menguasai tata bahasa, bersahabat dengan kamus, peka terhadap bahasa, memiliki pengetahuan yang luas, teliti dan sabar, peka terhadap sara dan pornografi, mampu berkomunikasi antara penulis dengan editor, serta mengetahui kode etik yang menjadi kesepakatan antara penulis dengan editor.

Rianna Wati juga mengajak agar para peserta dapat melatih swasunting pada tulisan-tulisannya minimal pada media sosial, seperti IG, FB dan lainnya. <>

7 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Share This