Berita

Literasi Hijau: Menanam Aksara, Merawat Bumi Ajak Masyarakat Lestarikan Alam

Milad 23 FLP

FLP.or.id,- Organisasi kepenulisan Forum Lingkar Pena (FLP) kini menginjak di usia ke-23. Bertempat di Balai Keratun Bandarlampung, organisasi besutan Helvy Tiana Rosa ini menggelar acara puncak untuk hari jadinya berupa seminar nasional bertajuk Literasi Hijau: Menanam Aksara, Merawat Bumi. “Kata hijau tersemat di belakang kata literasi, mengindikasikan simbol dari bumi yang subur, penuh dengan tanaman hijau sebagai pabrik oksigen sekaligus paru-paru dunia,” papar Ketua Umum FLP Yeni Mulati, S.Si., M.M. Ia pun menambahkan, gerakan literasi hijau merupakan upaya proses pemberian informasi tentang bagaimana semestinya alam semesta dikelola sehingga keseimbangan tetap bisa dipertahankan.

Acara yang dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Alam Fauziah, S.Pd., M.M. menyampaikan dengan pendidikan yang baik dapat memberikan dampak positif yang baik pula untuk sesama manusia dan lingkungan. Rangkaian seminar nasional menghadirkan tiga pemateri, meliputi Kepala Kantor Bahasa Lampung Dra. Yanti Riswara, M.Hum., Ketua Dewan Pertimbangan FLP 2017—2021 Dr. M.Irfan Hidayatullah, S.S., M.Hum., serta Direktur Walhi Lampung Irfan Tri Musri.

Dalam paparan Bu Yanti, sapaannya, Kantor Bahasa Lampung menjadi fasilitator Gerakan Literasi Nasional (GLN). Adapun bentuk kegiatan yang telah dilakukan berupa pengadaan kegiatan pelatihan instruktur literasi, pembinaan komunitas baca, penyediaan bacaan literasi, dan sebagainya. Ia pun menekankan, seseorang yang ingin memiliki literasi tinggi, maka harus dapat membaca dan menginterpretasikan informasi dengan tepat. Ini pun senada dengan penyampaian oleh Ketua Dewan Pertimbangan FLP. Ia juga menjelaskan, seseorang yang ingin memiliki daya literasi tinggi, tidak hanya membaca, melainkan keikutsertaan dalam komunitas.
Sementara itu, Direktur Walhi Lampung Irfan Tri Musri memaparkan bahwa Indonesia masih menjadi pemasok sampah yang tinggi. Ini terbukti dalam tiap harinya, muatan sampah yang diperoleh sangat banyak dan sulit diurai. Ia menambahkan, warga harus dapat bekerja sama dengan baik dalam melestarikan lingkugan yang telah diberikan Tuhan.

Kegiatan lain dalam acara puncak ulang tahun FLP, yakni peluncuran Kumpulan Cerita Anak dari Forum Lingkar Pena Lampung dan Balada Cinta Isvara novel terbaru Ketua Umum FLP. Pengumuman lomba menulis cerpen bertema Lingkungan pun kian memeriahkan acara tersebut.

Related posts

Akhir Tahun, FLP Mesir Lakukan Pergantian Ketua Wilayah

admin

Di Balik RegOn FLP; Berhasil Lakukan Pendataan Anggota FLP, Berapa Banyak Persisnya?

admin

Jaringan (Humas) Wilayah

Irfan Azizi

Leave a Comment