Opini

FLP Sebagai Support System

Flp.or.id – Ngapain sih ikut FLP, kaya di kantor kurang kerjaan aja? Respons seperti ini sering aku dapatkan dari rekan-rekan kerjaku di kantor, dengan setumpuk kerjaan yang seabrek, aku masih cari kesibukan di luar, seperti ikut ngrurusin kelas menulis FLP. Mereka makin nyinyir ketika tahu bahwa aku tidak mendapatkan uang dari kesibukan di FLP.

Tapi eh tapi… temen-temen di kantor melihat kinerjaku berubah, terlihat lebih semangat, bergairah, dan selalu bahagia. Ya mungkin ini bonus yang aku peroleh karena kesibukan di FLP yang tidak bisa dinilai dengan uang.

Faktanya FLP membawa perubahan dalam kehidupanku. Berada di tengah-tengan orang yang menyukai literasi mampu memotivasiku untuk terus menulis. Buku yang rencana selesai aku tulis dalam setahun sempat terbengkalai dan terlupakan, akhirnya mampu aku selesaikan setelah mengikuti kelas menulis FLP. Kinerja di kantor meningkat. So… bagiku Forum Lingkar Pena adalah bagian dari support system dalam kehidupanku. Makna support system bagiku adalah:

  1. Berada di tengah-tengan orang-orang hebat yang peduli dengan sesama
  2. Kepedulian mereka dengan memberi manfaat bagi sekitar
  3. Kepedulian melalui dunia literasi menjadi pegiat literasi
  4. FLP selalu memberi alasan untuk terus menulis
  5. FLP selalu memberi banyak ide, karena ide itu bertebaran di mana saja dan kapan saja, tinggal kita mau mengambilnya dan menuliskannya atau tidak.

Dalam arti yang sebenarnya support system adalah sistem informasi yang digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan yang efektif.

FLP memberikan banyak informasi dalam kehidupanku untuk mengambil keputusan yang kemudian mengambil tindakan. FLP ini seakan menjelma sebagai ruh penyemangat, mungkin karena aku selalu dikelilingi oleh orang-orang hebat di FLP. Mereka yang mampu berdakwah melalui tulisan tanpa terkesan menggurui. Melalui karya-karya cerpen, puisi, novel, pun di FLP aku menemukan banyak metode untuk menyampaikan pembelajaran kepada orang lain.

Support system FLP ini mengajarkanku tentang makna kesadaran tentang dunia literasi. Bahwa kemajuan suatu bangsa pasti tidak terlepas dari kualitas literasi masyarakatnya. Melalui literasi pula ilmu pengetahuan dapat diwariskan pada generasi berikutnya.

Oleh: Di’amah F

Anggota FLP Banten, Pendidik, relawan Kelas Inspirasi

https://www.instagram.com/diamahfitriyyah/

http://divisyahida.blogspot.com/

NRA: 015/D/014/001

 

 

 

Related posts

Kebudayaan Indonesia Dalam Imajinasi

Kontributor FLP

FLP: Laboratorium Karya

Ganjar Widhiyoga

Merayakan Komunitas Cerdas

Kontributor FLP

Leave a Comment