Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena 2017-2021 Resmi Diumumkan

2 menit baca |

JAKARTA, FLP.or.id – “Struktur BPP baru sudah 90%. Semoga segera bisa diumumkan ke publik,” kata Ketua Umum Terpilih Afifah pada Jumat (10/11/2017) pekan lalu. Tanpa berselang waktu terlalu lama, susunan Badan Pengurus Pusat (BPP) FLP pun diumumkan pada Rabu (15/11/2017) kemarin. Susunan struktur pusat FLP itu lengkap dengan jajaran Dewan Penasihat dan Dewan Pertimbangan. “Mohon doa restu agar kepengurusan berjalan efektif dan efisien,” tambah Afifah dalam pengumumannya.

Menurut Afifah, ada 4 pertimbangan utama dalam pemilihan dan penentuan BPP FLP. “Pertama, kematangan di tingkat FLP Wilayah. Kemudian pengabdian di FLP. Ketiga, pemerataan wilayah baik itu timur, tengah, barat, serta pertimbangan prestasi,” kata Ketua Umum ke-5 Forum Lingkar Pena itu.

Sebelumnya, Afra mengingatkan kembali sejumlah rekomendasi Munas ke-4 FLP di Bandung awal November lalu. Rekomendasi-rekomendasi tersebut yaitu Blogger FLP, Rumah Cahaya, Advokasi, pembentukan Koperasi/PT, Tim Trainer Kepenulisan, Platform FLP, hak aten logo, dan pengaudiovisualan karya-karya FLP. “Kalau itu terealisir, bagus sekali,” kata Afifah kepada jajaran BPP FLP.

“Alhamdulillah atas bantuan BPP transisi yang sudah menghandle banyak proyek di usia kepengurusan yang masih bayi merah ini,” kata Afra. Sudah ada program yang ditangani.

Selanjutnya Afifah mengaku sudah mengagendakan pelaksanaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) pada Januari 2018 mendatang. Sejumlah alternatif tempat Mukernas di antaranya Jakarta, Solo, dan Yogyakarta. “Doakan semoga kami semua amanah,” kata Afifah.

Apa Bedanya
Ada yang membedakan BPP FLP 2017-2021 dengan periode sebelumnya. Salah satunya adalah kehadiran divisi baru. “Divisi Litbang sebagai divisi baru. Alhamdulillah. Semoga program penerbitan jurnal kedepannya akan terwujud,” kata Sri Widiyastuti selaku Kesekretariatan BPP FLP. Kebutuhan mendesak akan kehadiran Jurnal Ilmiah ini juga dikemukakan oleh pendiri FLP Helvy Tiana Rosa di tengah arena Munas FLP lalu. Sementara Afifah mengulang harapannya agar Divisi Litbang dapat menuntaskan penyusunan penelitian sejarah FLP.

Dewan Pertimbangan sendiri pada periode kali ini mendapat personil lebih banyak. Selain dengan otomatis masuknya Sinta Yudisia selaku mantan Ketua Umum FLP, Munas ke-4 FLP di Bandung juga mengangkat 3 orang tambahan anggota DP. Ketiganya yaitu Habiburahman “Kang Abik” El Shirazy, Rahmadiyanti Rusdi, dan Ali Muakhir. Kang Abik sendiri sudah menjadi anggota DP sejak periode sebelumnya.

M Irfan Hidayatullah atau akrab dipanggil Kang Irfan, selaku Ketua Dewan Pertimbangan (DP), menyampaikan sedikit bocoran program kerja DP FLP. “DP tiap bulan akan memberikan kuliah online (live) di Facebook atau IG secara bergantian,” katanya pada Senin (6/11/2017) lalu di kediamannya ketika menerima rombongan anggota dan pengurus FLP Sumsel.

Post Author: admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID