Berita Kabar

Terpilih Menjadi Koordinator Gerakan Wisata Halal, Apa Kata Blogger FLP Ini?

JAKARTA, FLP.or.id – Bang Aswi yang dikenal sebagai blogger FLP, terpilih menjadi koordinator Gen PI (Generasi Pesona Indonesia) Jawa Barat, dengan misi memajukan pariwisata Indonesia, khususnya dalam sektor pariwisata halal. Demikian kabar yang diterima redaksi pada Selasa (9/8/2016) lalu.

Pria yang juga anggota Badan Pengurus Pusat (BPP) FLP itu menerangkan, pariwisata halal atau dikenal dengan istilah halal tourism atau muslim friendly tourism, kini menjadi tren di dunia, baik di negara-negara berpenduduk Muslim maupun non Muslim.

“Halal di sini tidak hanya mencakup makanannya saja tetapi juga penerbangan dan bandara, hotel dan apartemen, resort pantai, biro atau agensi perjalanan dan website travel, kapal pesiar, destinasi budaya, dan lain-lain yang harus ramah Muslim,” tutur pria bernama lengkap Agus Wibowo itu melalui akun Instagramnya.

Menurut Bang Aswi, blogger dapat berperan dengan menyebarkan informasi positif tentang pariwisata halal di media sosial. “Efeknya besar terhadap industri pariwisata Indonesia,” ujarnya. Ia mencontohkan Lombok yang kini memiliki gelar Halal Destination dan Halal Honeymoon Destination tingkat dunia.

Tanggung jawab bersama
Mengenai tugas baru dalam program garapan Kementerian Pariwisata itu, Bang Aswi menyebutnya sebagai “amanah” dan berpesan agar mendukung peningkatan pariwisata halal di Indonesia. Ia juga berujar singkat, “mohon doanya.”

Ia memaparkan, kemajuan pariwisata Indonesia merupakan tanggung jawab bersama. “Pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat harus menjaganya dengan sepenuh hati,” kata Bang Aswi. Ia juga berharap Pemda Jawa Barat dan Pemkot Bandung mendukung komunitas ini demi kemajuan pariwisata Jawa Barat.

Pembentukan Gen PI Jawa Barat dan penunjukan koordinatornya sendiri dilaksanakan di The Green Forest Resort pada hari Sabtu (6/8/2016). Komunitas yang hadir pada pembentukan itu ialah Blogger Bandung, Media Kampus se-Bandung, Kaskus Bandung, Foto Emperan, dan juga pejabat maupun pegawai Kementerian Pariwisata terkait.

Program Wisata Halal memang tampak sedang digenjot oleh pemerintah. Menteri Pariwisata Arief Yahya menerangkan, seperti dikutip dari Vivanews (9/8/2016), bahwa PDB pariwisata Indonesia terbesar di ASEAN saat ini. Pertumbuhannya di atas rata-rata industri lainnya. Kehadiran industri pariwisata pun menurutnya bisa menciptakan kesempatan dan lapangan kerja, dengan modal yang relatif sedikit.

Related posts

Selamat Datang FLP Labuhan Batu!

Kontributor FLP

Donasi FLP Peduli Banjir

Wildan Nugraha

Gelorakan Literasi Berkeadaban, FLP NTB Adakan Workshop

admin

1 comment

mbop 12 Agu 2016 at 11:36 am

wilujeng Bang…sukses tangtuna

Reply

Leave a Comment