Berita

Taufan E Prast: Menulis Akan Membawa Keajaiban

SERANG, FLP.or.id – Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Jakarta 2009-2013 Taufan E Prast mengatakan bahwa menulis akan membawa keajaiban. Salah satunya akan membawa sang penulis ke tempat-tempat yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya.

“Itu harus diakui dan itu terjadi,” kata Taufan saat memberi motivasi kepada para anggota baru FLP Wilayah Banten saat acara Inagurasi Kelas Menulis FLP Wilayah Banten di gedung Graha Pena Radar Banten, Cikulur, Kota Serang, Minggu (22/4).

Taufan menyatakan bahwa ia mendapatkan nasihat itu dari Maman S Mahayana, salah seorang penulis besar Indonesia. Kata-kata itu kemudian mendapatkan kebenarannya ketika ia akhirnya bisa keliling ke sejumlah kota di Indonesia bahkan ke luar negeri karena aktivitas menulisnya. Karena itu ia meyakinkan bahwa menulis akan membawa hal positif. “Saya ke luar negeri karena menulis,” ujarnya.

Taufan yang pernah menjadi editor di Lingkar Pena Publishing House ini mengatakan bahwa bagi mereka yang baru mau menulis harus sejak awal mengetahui untuk apa menulis. Apakah untuk mencari uang atau apa.

Masing-masing penulis juga memiliki waktu masing-masing sampai bisa menghasilkan karya yang bisa dipublikasikan. Namun kunci dari kesuksesan menulis adalah disiplin menulis.

“Kedisiplinan menulis ini penting dan upaya menjaganya adalah dengan masuk komunitas menulis seperti FLP ini,” katanya.

Ketua FLP Wilayah Banten Fetty Fatihatun Najihah mengatakan bahwa acara Inagurasi Kelas Menulis FLP Wilayah Banten digelar sebagai salah satu acara dalam memeriahkan Hari Buku Sedunia (World Book Day).

Terkait adanya materi mengenai menulis blog dan fotografi hal itu dilakukan karena generasi milenial saat ini lebih suka menulis di sosial media seperti blog, facebook, instagram, dan lainnya dibandingkan dengan menulis sebuah buku. Agar tulisan mereka tidak hanya sekedar curhatan yang tidak berisi, maka diberikanlah materi seperti ini.

“Bagi yang suka share foto di Instagram juga agar bisa menghasilkan foto yang bagus,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut dilantik juga anggota muda FLP Wilayah Banten yang sebelumnya sudah inteks mengikuti Kelas Menulis FLP Wilayah Banten. Mereka akan terus diasah kemampuan menulisnya selama 6 bulan ke depan sampai bisa menghasilkan karya. (tohir)

Ket foto: Suasana pelantikan anggota muda FLP Wilayah Banten

Related posts

Ketua FLP Karanganyar Ajak Anggota untuk Istikamah dalam Menulis

admin

Badan Pengurus Pusat FLP Berkumpul di Rumah Cerpenis Joni Ariadinata, Ada Apakah?

admin

Catatan Silaturahmi Media Islam dengan MUI (2): Ketidakpuasan terhadap Media-Media Mainstream

Yanuardi Syukur

Leave a Comment