Berita

Gandeng Pelajar SMA Se-Kabupaten Bantul, FLP Wilayah Yogyakarta Adakan Seminar Kepenulisan Dilanjutkan Kelas Menulis Intensif

YOGYAKARTA, FLP.or.id – Lebih dari 50 pelajar SMA dan sederajat dari Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada Ahad (22/4) menghadiri Seminar Kepenulisan bertajuk “Penulis Muda Menginspirasi”. Acara yang diprakarsai oleh FLP Wilayah Yogyakarta dan Yayasan Bina Remaja Bantul (YBRB) itu diselenggarakan di Kantor DPRD Kabupaten Bantul.

Terdapat dua narasumber dalam seminar kepenulisan pagi itu. Mereka adalah Rosyda Amalia yang juga merupakan Sekretaris Umum FLP Wilayah Yogyakarta dan Istiana yang saat ini juga menjabat di kepengurusan FLP Wiayah Yogyakarta selaku Kepala Sekolah Creative Writing Center. Keduanya merupakan contoh penulis muda produktif yang masing-masing telah menerbitkan dua buku.

Rosyda yang pertama kali menyampaikan materi banyak menyampaikan pengalaman pribadinya dalam proses kreatif menulis buku. Mahasiswa Berprestasi 1 Fakultas Ilmu Budaya UGM ini juga menceritakan pengalamannya sepanggung dengan Aan Mansyur dan beberapa penulis dari Asia Tenggara lainnya saat mengisi acara bedah buku di ASEAN Literary Festival 2017.

“Yang dikatakan itu akan hilang, sedangkan yang ditulis akan abadi. Itulah manfaat menulis. Agar bisa menulis secara produktif, kita perlu banyak membaca buku dan tidak lupa sering berdiskusi,” pesan Rosyda di hadapan para peserta.

Di sesi kedua, Istiana tak ketinggalan menyampaikan pengalamannya menulis di media sosial. Sosok penulis yang memiliki 18.600 pengikut di akun Instagram-nya ini, sengaja menulis di media sosial Instagram karena di sana tulisan tidak hanya dibaca oleh orang yang suka membaca. “Orang yang tidak suka membaca pun jadi ikut membaca,” tutur perempuan yang kerap dipanggil Nana ini.

Sampai pada sesi tanya jawab, peserta terlihat antusias mengajukan pertanyaan. Tak kurang ada sembilan penanya dari para peserta, lima di antaranya yang terpilih mendapatkan doorprize dari panitia.

Di akhir acara, Rezha Aditya, Kepala Divisi HRD FLP Wilayah Yogyakarta ikut mengenalkan profil FLP kepada para peserta. Kemudian, mengajak para peserta yang tertarik mengikuti kelas menulis lanjutan bersama FLP Wilayah Yogyakarta untuk mengisi formulir yang disediakan. Sebagai tindak lanjut dari seminar ini, FLP Wilayah Yogyakarta bekerja sama dengan YBRB berencana menyelenggarakan forum kepenulisan intensif bagi kalangan pelajar Bantul yang ingin belajar menulis.

Related posts

Pembagian Makanan Gratis : Kerjasama FLP dan ACT

admin

Semarak Musker FLP Jawa Tengah periode 2019/2021

admin

Dewan Pembina FLP Sumsel Adakan Raker Perdana

admin

Leave a Comment