Berita Kabar

Rakernas Yang Bernas

IMG_2212Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena sukses diselenggarakan pada 15-16 November di Vila Tentrem, Tawangmangu, Karanganyar. Di kaki Gunung Lawu yang sejuk, sekitar 20 pengurus berkumpul dengan membawa ide-ide segar.

Ternyata rihlah kecil dengan mengunjungi Grojokan Sewu yang lokasinya sangat berdekatan dengan tempat Rakernas sebelum acara dimulai, telah menimbulkan semangat baru, yang membuat para peserta nyaris tak terjeda oleh istirahat. Tancap gas terus, membicarakan program-program untuk 4 tahun ke depan.

Rakernas dibuka dengan pengarahan dari Ketua Umum, Sinta Yudisia. Lalu dilanjutkan dengan pembentukan komisi yang terdiri dari Komisi PHT (Ketum, Sekjen, Bendahara, Sekretaris dan Humas), Komisi Internal (Divisi Kaderisasi, Karya dan Jarwil) dan Komisi Eksternal (Bisnis, Advokasi dan Rumah Cahaya), Rapat Komisi dan Rapat Pleno.

Beberapa program unggulan yang digulirkan, sebenarnya hanya menjabarkan dari Rencana Strategis yang telah digulirkan Ketua Umum beberapa bulan yang lalu. Antara lain: pengoptimalan Rumah Cahaya sebagai sekretariat plus taman baca yang terkelola dengan profesional di wilayah-wilayah dan cabang-cabang sedunia. Juga dicetuskan tentang rencana pembuatan Pondok Karya yang menjadi kawah candradimuka lahirnya penulis-penulis, jurnalis, dan pekerja media yang andal. Masalah kaderisasi dan karya juga dibahas dengan detil, yang berujung pada terbentuknya Sistem Kaderisasi yang baik.

Komisi Eksternal juga termasuk komisi yang cukup gegap gempita. Berbagai ide bisnis bermunculan, yang intinya menginginkan adanya kemandirian finansial pada organisasi literasi terbesar di tanah air ini. Sebaris panjang program pun digulirkan untuk mengimplementasikan keinginan tersebut.

Selamat bertugas, BPP FLP 2013-2017!

Related posts

Komunitas Lingkar Pena Wonogiri Gelar Seminar Literasi

admin

Update donasi FLP Peduli Korban Virus Corona

admin

Tulisan Feature Antarkan Dua Penulis FLP Ini Ke Tangga Juara Tingkat Nasional

admin

Leave a Comment