Berita

Peran FLP Dalam KMGP

IMG_9566
Bincang-bincang santai merumuskan produksi film KMGP. (ki-ka: Iqbal Alfajri, Ius Kadarusman, Helvy Tiana Rosa)

Pada tanggal 1 Februari 2015 di acara Pesta Buku Bandung lalu telah dilakukan deklarasi kerjasama pembuatan film Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP). Film yang diangkat dari novel yang ditulis oleh Helvy Tiana Rosa ini akan diproduksi oleh YPM Salman ITB dengan mengandalkan sumber daya dari para pegiat Salman Academy, dan PT Prasidi Teta Film yang dikomandoi ibu Budiyati Abiyoga, salah seorang produser film senior di Indonesia. Rencananya produksi film KMGP tersebut akan dimulai tahun ini.

Seusai acara deklarasi tersebut, diadakan rapat kecil yang membahas prospek film KMGP, dan berbagai rencana yang berkaitan dengan teknis produksi. Hadir dalam rapat tersebut mbak Helvy Tiana Rosa selaku penulis novel KMGP, mas Iqbal Alfajri sebagai Direktur Salman Academy, kang Ius Kadarusman yang mewakili Majelis Budaya YPM Salman ITB, dan Hendra Purnama sebagai Manager Salman Academy sekaligus Humas BPP Forum Lingkar Pena.

Dalam pertemuan tersebut, mbak Helvy berencana akan lebih banyak membangun komunitas Sahabat Mas Gagah di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang akan beliau kunjungi. Langkah ini juga diambil sebagai salah satu cara untuk lebih memperkuat aktifitas promosi dan publikasi film Ketika Mas Gagah Pergi.

Selain itu, beliau pun menegaskan lagi betapa krusialnya fungsi serta peran FLP dalam proses promosi dan publikasi film KMGP ini, karena lebih dari sekadar karya pribadi, kehadiran film ini bisa saja menjadi pembuka jalan bagi adaptasi karya-karya FLP yang lain. Untuk itu diperlukan kerja yang lebih cepat dan cermat dari seluruh elemen FLP, baik pengurus ataupun anggota. Tentunya agar proses pembuatan film ini bisa dilaksanakan dengan lancar sesuai rencana, dan proses publikasinya pun bisa menyentuh area yang sanat luas dan mencapai berbagai elemen di masyarakat. [red]

Related posts

30 Menit Ngobrolin FLP di Okezone

admin

FLP UMI melawan corona dengan Kelas Menulis Online

admin

FLP Solo Gelar Pelatpulpen

admin

2 comments

Ganjar Widhiyoga 24 Feb 2015 at 3:10 pm

Semoga KMGP berhasil diangkat ke layar lebar!

Reply
Lina Astuti 19 Mei 2015 at 1:09 pm

Sukses buat fil KMGP 🙂

Reply

Leave a Comment