Pembuatan Naskah Serial Buku Bacaan Anak yang Inklusif dan Berjenjang

4 menit baca |

Assalamu’alaikum wr wb

Rekan-rekan sekalian, alhamdulillah FLP mendapatkan dana hibah INOVASI untuk pengadaan buku anak yang inklusif dan berjenjang. Dana hibah ini merupakan bagian dari program kemitraan pemerintah Australia dan Indonesia di bidang peningkatan mutu pendidikan.

Insya Allah FLP dan INOVASI akan menerbitkan 21 judul buku anak yang inklusif dan berjenjang. Buku-buku tersebut akan dibagikan ke 19 SD dan MI di Lombok Tengah.

Untuk itu, silahkan rekan-rekan anggota FLP yang berminat mengirimkan naskah buku anak sesuai dengan ketentuan yang ada di poster berikut.

Wassalamu’alaikum wr wb,

Ganjar Widhiyoga
Sekretaris Jenderal BPP FLP
Pimpinan Proyek Kerjasama FLP-INOVASI


Panduan Penulisan Naskah
Serial Buku Bacaan Anak yang Inklusif dan Berjenjang
Kerjasama Forum Lingkar Pena dan INOVASI – program kemitraan pemerintah Australia dan Indonesia di bidang peningkatan mutu pendidikan

A. Peserta
Peserta adalah seluruh anggota FLP yang memiliki Nomor Registrasi Anggota (NRA).

B. Sifat dan Isi Naskah
1. Naskah adalah karya orisinil penulis dan belum pernah dipublikasikan di media mana pun.
2. Naskah berupa cerita fiksi anak.
3. Target pembaca naskah ditujukan untuk anak kelas 1—2 SD.
4. Latar/setting cerita di daerah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
5. Naskah memiliki muatan inklusi sosial. Yakni, naskah memunculkan situasi kemajemukan di dalam masyarakat sosial yang tetap hidup rukun dan harmonis dengannya, misalnya dengan keterlibatan suku minoritas atau penyandang disabilitas. Inklusi sosial adalah upaya menempatkan martabat dan kemandirian individu sebagai modal utama untuk mencapai kualitas hidup yang ideal.
6. Tokoh dalam cerita harus menggunakan tokoh-tokoh yang telah ditentukan. Setiap cerita dapat menggunakan sekurang-kurangnya satu tokoh yang telah ditentukan. Penulis bebas menentukan tokoh mana yang akan terlibat dalam cerita, dengan memperhatikan aspek kewajaran dan inklusi sosial.
7. Berikut penjelasan karakter tokoh-tokoh dalam serial ini:

a. Ramli. Seorang anak laki-laki dari suku Sasak. Usia 9 tahun. Karakternya penuh semangat dan senang mencoba hal-hal baru.
b. Rani. Adik perempuan Ramli, berusia 7 tahun. Rini memiliki disabilitas tuli sehingga ia berbicara menggunakan bahasa isyarat.
c. Amen Ramli (Ayah Ramli). Laki-laki berusia 35 tahun, bekerja sebagai PNS di Lombok Tengah.
d. Inen Ramli (Ibu Ramli). Perempuan berusia 32 tahun, ibu rumah tangga yang membuka warung di depan rumah.
e. Opan. Anak laki-laki dari suku Sumbawa. Usia 9 tahun. Ia suka menggambar. Opan sedang belajar membuat kerajinan ukir. Jika sudah menggambar atau berlatih memahat, Opan sering lupa waktu.
f. Ni Luh. Anak perempuan dari suku Bali, beragama Hindu. Usia 9 tahun. Ni Luh suka membaca dan memiliki pengetahuan luas. Keluarga besarnya tinggal di Kampung Bali di Mataram.
g. Ika. Anak perempuan yang baru saja pindah ke sekolah Ramli. Usia 9 tahun. Ika lahir dan besar di Yogyakarta. Ika awalnya sedih harus pindah sekolah namun ia kemudian bahagia menemukan teman-teman yang menyenangkan.
h. Adi. Adik laki-laki Ika, usia 7 tahun. Ia ingin berteman dengan Rani sehingga belajar bahasa isyarat.
i. Pak Asep. Ayah Ika dan Adi, berusia 35 tahun dari suku Sunda. Ia bekerja di rumah sebagai penulis novel.
j. Bu Sari. Ibu Ika dan Adi, berusia 34 tahun. Ia bekerja sebagai PNS. Teman sekantor Amen Ramli. Keluarga Ika pindah ke Lombok Tengah karena mengikuti Bu Sari yang pindah tugas ke sana.

8. Naskah tidak boleh mengandung ajaran atau tindakan kekerasan, diskriminasi atau materi yang mengundang keresahan dan permusuhan di masyarakat.

C. Format Penulisan
1. Ukuran kertas A5.
2. Font Times New Roman 12pt.
3. Panjang naskah 18 halaman (tidak termasuk cover).
4. Setiap halaman terdiri dari 1—3 kalimat.
5. Sertakan panduan ilustrasi untuk tiap halaman (bisa berupa gambar sederhana yang tujuannya hanya membantu kejelasan cerita dan panduan bagi ilustrator nantinya).
Contoh layout per halaman:

D. Kategori Penilaian
1. Kemenarikan bacaan bagi anak.
2. Kemudahan naskah dipahami anak.
3. Muatan inklusi sosial dalam cerita.
4. Kesesuaian cerita dengan tokoh-tokoh yang telah ditentukan.

E. Penghargaan
1. Karya dari 10 orang penulis terpilih akan diterbitkan oleh FLP bekerja sama dengan Program Kemitraan Australia-Indonesia untuk Fasilitas Inovasi Untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) untuk dibagikan ke SD/MI di Lombok Tengah.
2. Penulis mendapat honor penulisan untuk setiap judul buku.

F. Kewajiban Penulis Terpilih
1. Sebanyak 10 penulis terpilih diwajibkan mengikuti pelatihan menulis buku anak yang inklusif dan berjenjang yang akan dilaksanakan pada 19—21 November di Yogyakarta. Adapun biaya transportasi (dalam negeri) dan akomodasi peserta pelatihan akan ditanggung oleh FLP dan INOVASI.
2. Penulis wajib melakukan revisi naskah sesuai dengan arahan dari tim FLP dan INOVASI dan jadwal yang telah ditentukan.
3. Hak naskah yang diterbitkan ada pada FLP dan INOVASI, dan akan digunakan berdasarkan Creative Common License BY-CC-ND 4.0.

G. Jadwal Rangkaian Penulisan Naskah Buku
Publikasi undangan menulis: 1—31 Oktober 2018.
Batas akhir pengumpulan naskah: 31 Oktober 2018.
Penjurian: 1—6 November 2018.
Pengumuman naskah terpilih melalui website flp.or.id dan Instagram @flpoke: 7 November 2018.
Pelatihan penulisan: 19—21 November 2018.
Pengumpulan naskah final: 30 November 2018.

H. Pengiriman Naskah
1.Karya tulis dikirim dalam bentuk PDF ke email [email protected]
2.Batas akhir pengiriman naskah adalah 31 Oktober 2018.
3.Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah. Jika ada lebih dari satu naskah yang lolos seleksi maka semua naskah yang lolos seleksi akan diterbitkan.

 

Post Author: admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *