Ketika Rumah Tahanan Kota Cirebon Didatangi Forum Lingkar Pena

1 menit baca |

CIREBON, FLP.or.id – Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Cirebon membuat kelas menulis kreatif untuk anak-anak binaan lapas di lapas kelas 1 Cirebon.

Kegiatan ini disambut baik oleh petugas lapas dan didukung penuh oleh ketua lapas.

Nurul Mahabbah sebagai ketua FLP Cirebon, Sabtu (06/01/2018) mengatakan kelas menulis kreatif adalah mimpinya yang tertinggi.

“Sejatinya sastra mampu membentuk rasa dan karsa menjadi pintu masuk dalam penanaman nilai nilai seperti kejujuran, pengorbanan. Demokrasi, kepahlawanan, kerja keras. Kepekaan. Santun, religius, menghargai perbedaan dan nilai lainnya,” ujarnya.

Sekitar 3-4 tahun FLP Cirebon mati suri tanpa nahkoda yang mengimami perahu Cirebon, kecuali ranting di kedua kampus terbesar di Cirebon yaitu Universitas Swadaya Gunung Jati dan IAIN Syech Nurjati yang masih aktif mengembangkan literasi sampai awal 2017. Akan tetapi, selepas silaturrahim wilayah yang diselenggarakan di Kuningan September lalu, Cirebon reborn dengan terpilihnya pengurus baru dengan harapan Cirebon bangkit kembali dengan semangat baru.

Salah satu program yang digadang-gadang Cirebon yakni bisa aktif dan mengabdi di lapas.

Mulai 6 Januari 2018, FLP Cirebon secara resmi memulai kerja sama dengan Rutan Kelas 1 dengan program kegiatan Pembinaan Literasi dan Motivasi Islam bagi para remaja napi belasan tahun. Atas bantuan pegiat literasi Cirebon, ketua FLP Cirebon berkesempatan bertemu langsung dengan staf dan menjalin kerja sama. Sambutan hangat dari mereka membuat kami semangat dan merasa senang karena kekhawatiran akan sulitnya masuk ke ‘benteng keamanan’ yang tertutup rapat tanpa celah dan penjagaan ketat sirna sudah. Terlebih ketika langsung dipertemukan dan berdiskusi bersama para remaja napi belasan tahun. Keramahan, banyolan, dan tawa mereka seakan berhadapan dengan siswa di sekolah dengan segala tingkah keremajaan yang khas.

Sekitar satu jam setengah kami berdiskusi, berkenalan, dan mendengarkan cita-cita mereka di masa depan.

Pertemuan sepekan sekali berlangsung pekan depan dan seterusnya akan diisi berbagai kegiatan literasi dan motivasi Islam. Cita-cita kami ke depan bisa berkarya bersama mereka dan tentu berharap segala impian dan perubahan positif bagi mereka dapat terwujud. (hdg)

Post Author: admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

1 thought on “Ketika Rumah Tahanan Kota Cirebon Didatangi Forum Lingkar Pena

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *