Jarwil adalah Tonggak Kokohnya Organisasi

1 menit baca |

Ahad, 12 November 2017. Tak terasa langit kota Bekasi telah temaram. Adzan unik Masjid Unisma pun berkumandang. Artinya sudah 5 jam bercengkrama dengan mas Sudiyanto selaku Koordinator Divisi Jarwil periode sebelumnya. Sudah tandas tiga gelas kopi. Dari pelataran Masjid UNISMA, lalu ke warung Sroto, dan kembali lagi ke pelataran masjid.

Saya sengaja mengunjungi mas Sudiyanto. Prinsipnya sederhana, ketika mbak Afifah Afra selaku Ketua Umum FLP periode ini meminta saya menjadi Koordinator Divisi Jarwil, tekad saya adalah melanjutkan yang telah dimulai oleh pengurus sebelumnya. Bilapun hendak memulai, maka kami tim Jarwil untuk periode ini akan memulai dari titik capaian tim Jarwil sebelumnya. Prinsip kesinambungan, itulah prinsip kerapihan organisasi. Dan jarwil sebagai tonggak kerapihan organisasi, hendaklah mengawalinya.

Alhasil, sepekan lepas Munas IV FLP ini saya mengusahakan berjumpa dengan mas Sudiyanto. Maka bersualah kami di sela-sela agenda mas Sudiyanto menjadi pemateri kelas Pra Muda angkatan 14 FLP Bekasi yang berlanjut dengan kelas Cerpen dan kelas Novel. Alhamdulillah dari pertemuan ini, ada tiga hal yang bisa diwariskan dari kepengurusan Jarwil era mas Sudiyanto; yaitu Data FLP Wilayah, Deskripsi kondisi riil FLP Wilayah, dan Rekomendasi untuk kepengurusan Jarwil selanjutnya.

Warisan semacam itu penting bagi kelanjutan sebuah tatanan organisasi. Bagaimanapun FLP adalah organisasi; ada alur intruksi dan alur konsultasi, ada tata organisasi agar teratur dan pola komunikasi antar struktur. Dan secara perlahan, pola tata organisasi dan pola komunikasi ini hendaknya mulai kita rapihkan dan kokohkan di saat FLP memasuki tahun usianya yang ke-21. Apalagi saat ini FLP telah memiliki 44 wilayah, yang terakhir adalah FLP wilayah Maluku. Baru terbentuk satu bulan sebelum Munas IV FLP.

InsyaAllah, peran Jarwil dalam pengokohan organisasi FLP akan ditingkatkan pada periode ini. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi peran Jarwil, yaitu: Memfasilitasi semua Divisi hingga menjangkau semua wilayah, Mengokohkan Jaringan kewilayahan, dan Memastikan kehadiran FLP di setiap wilayah. Itulah pengejawantahan fungsi FLP pada pasal 5 Anggaran Dasar-nya; yaitu fungsi Pembinaan, Pengembangan Jaringan dan Advokasi. Semoga Allah beri taufiq pada kepengurusan FLP periode 2017 – 2021 ini.

Bekasi, 12 November 2017

Irfan Azizi
Koordinator Divisi Jarwil BPP

Post Author: Irfan Azizi