Jalan-Jalan Ke Johor, Yuk!

5 menit baca |

tanjungPernah jalan-jalan ke Singapura? Kalau Anda pernah naik MRT dari stasiun Woodland, Anda bisa melihat gedung-gedung tinggi di Johor Bahru, Malaysia dari stasiun ini. Tidak percaya? Yuk, buktikan sendiri! Kita jalan-jalan ke Johor.

Di bawah ini, saya ingin mengajak pembaca untuk mengetahui sedikit tentang Johor Bahru. Sejarah negeri melayu ini, tidak lepas dari kedatangan warga Indonesia ke Malaysia dan menetap menjadi warganegara di sana berabad yang lampau. Di Johor, banyak terdapat anak keturunan bangsawan Bugis, Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Kebudayaan yang mirip pun menjadi bukti bahwa Malaysia dan Indonesia memiliki darah yang sama. Kesatuan Nusantara.

aaa

Sejarah Johor Bahru

Johor Bahru adalah bandara raya kedua terbesar Malaysia setelah Kuala Lumpur. Kotanya berdiri sejak tahun 800 masehi di tepi laut sebagai pusat perdagangan. Tidak heran sampai saat ini pun kota Johor Bahru masih diminati oleh warga Singapura dan kota-kota lainnya untuk melakukan jual beli. Johor Bahru adalah negeri Melayu pertama yang mempraktikkan sistem kerajaan yang dimasyhurkan oleh Sultan Abu Bakar, sultan pertama di Johor. Negeri ini pun disebut juga negeri Darul Takzim, yang artinya “tempat perlindungan (yang) bermartabat”

Johor Bahru memang kota eksotik. Kota yang identik dengan kota perdagangan dan letaknya di seberang lautan Singapura, membuat pemerintah Johor berlomba dalam usaha mempercantik kotanya sebagai salah satu kota yang diminati oleh pelancong-pelancong dari Singapura dan negara-negara di Asia. Akhir pekan adalah waktunya warga Singa itu menghabiskan waktu untuk mencari kuliner dan berbelanja di Johor. Bukan tanpa alasan mereka berbelanja di Johor, karena kota ini terkenal murah dalam hal membeli belah.

Lihat saja, pembangunan di pesisir pantai ini, jalan raya di sepanjang pantai Danga Bay adalah laut yang ditimbun dengan tanah dan pasir. Subhanallahu. Saking sempitnya negara Malaysia, selama 10 tahun pemerintahnya menambah area kota dengan menimbun laut. Bayangkan kita berjalan-jalan di jalan raya yang sebelumnya adalah laut!

aaa

Bahasa

Bahasa yang dipergunakan orang Malaysia adalah bahasa Malaysia/Melayu campuran dengan bahasa Inggris. Malaysia memiliki beragam bahasa sesuai dengan negeri mereka berasal. Dialek atau aksen mereka memiliki kekhasan satu sama lain.

Bahasa selain Bahasa Malaysia yang berkembang baik di sini adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

aaa

Kuliner

Selama tinggal di sini, setiap bulan kami menyempatkan diri untuk mencicipi makanan restoran. Di sini makin malam makin ramai, apalagi di akhir pekan. Jalan-jalan penuh dengan meja dan kursi yang di pasang di luar kedai makan. Terkadang ada juga layar tancap yang di pasang di depan kedai untuk menyedot mengunjung. Di sini kedai makan juga sering disebut medan selera.

Tempat favorit makan kami adalah Tungku Impian, di sana ada minuman dengan ukuran gelas yang besar, 2 kali besar gelas besar normal. Minuman jus mangga yang unik, es kelapa laut [1]namanya,  saya suka sekali karena es ini jus mangga dengan taburan kolang kaling (kelapa laut) di dalamnya. Lumayan untuk memberi asupan kolagen untuk tubuh.

Jika rindu makanan Indonesia, banyak kedai yang menawarkan rasa dan suasana Indonesia. Sebut saja Saung Sunda Sawargi atau kedai bakso di dekat Angsana. Selain itu, ada juga kedai yang menyuguhkan masakan rasa padang, Kafe Noor atau Makjah Cafe di dalam kampus UTM. Jika jalan-jalan ke Danga Bay, restoran terdekat adalah Restoran Singgah Selalu.

Untuk oleh-oleh, makanan khas Johor adalah keropok lekor. Ini sejenis kerupuk ikan yang sangat mahsyur di semenanjung Malaysia.

aaa

Pusat Perbelanjaan

country garden6Pusat perbelanjaan di Johor banyak, yang paling sering dikunjungi turis dari Singapura salah satunya adalah City Square. City Square ini terletak di bandar Johor Bahru atau biasa di singkat JB. Jika berjalan-jalan ke JB, maka pastikan ke pusat belanja ini dan berjalan ke arah JB Water Front. Dari sini kita bisa melihat Singapura yang kelihatan dekat sekali, hanya dipisahkan oleh laut saja. Tapi walaupun dekat tetap saja kita harus melewati checkpoint dan memperlihatkan passport kita di kastam/imigrasi.

Ada beberapa pusat perbelanjaan sesuai dengan beragam kebutuhannya, Econ Save, Jusco, Giant, Angsana dan Kip Mart. Jika Anda menyukai barang-barang khas dari Jepang, ada Daisho di beberapa Jusco. Pasar tradisional di sini pun tidak kalah menarik untuk dikunjungi, seperti pasar awam dan pasar tani. Terkadang pasar malam digelar di hari Jum’at atau Ahad.

aaa

Tempat Persiaran

Jika ke Johor jangan lewatkan untuk mendatangi obyek-obyek wisatanya. Seperti Putri Harbour, suatu tempat rekreasi pantai di Johor selain Danga Bay. Danga Bay lebih menarik dikunjungi di malam hari karena pada malam hari bisa bermain korsel, kora-kora dan mainan lainnya. Sedangkan siang hari, selain panas, suasana tidak semenarik malam hari.

Jangan lupa juga mengunjungi masjid Sultan Abu Bakar yang terletak tidak jauh dari pantai Danga Bay. Masjid yang berusia 111 tahun ini pertama kali berdiri sejak tahun 1900. Masjid ini bergaya arsitektur jaman kolonialisme Inggris, masjid yang seperti puri di pinggir pantai Johor. Wisatawan dari Singapura kerap datang untuk sekedar melihat kemegahan dan kekunoan masjid Sultan Abu Bakar ini.

Di sebelah kiri masjid ada kebun binatang Johor. Masuk ke dalamnya cukup murah berkisar RM1-kanak-kanak, RM2 dewasa. Sementara sebelah kanan masjid terdapat Rumah Sakit Besar Sultanah Aminah. Di sebelah rumah sakit ada lapangan dengan jam besar, mirip jam gadang di Padang di tengah-tengah lapangan.

Di dekat masjid ada istana raja Johor. Dulu, Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) berkantor  di area kerajaan. Tetapi sejak tahun 2010, KJRI pindah di luar area kerajaan tetapi masih di daerah kota Johor Bahru.

Di Johor juga ada museum layang-layang di daerah Pasir Gudang, Wet World Batu Pahat, semacam kolam renang sebesar The Jungle di Bogor. Tempatnya luas dan semenarik wet worldnya Afamosa Malaka. Dan Tanjung Piai –tanjung ujung selatan Malaysia-. Tanjung dengan rawa yang dipelihara. Keasrian binatang rawa di sekitar tanjung salah satu tempat untuk eksplorasi anak-anak.

Taman tema yang terbaru di Johor adalah Country Garden. Taman yang letaknya berada di daerah Danga Bay, dibangun di atas laut yang ditimbun. Masuk ke dalam taman ini gratis, sekadar bersantai di tepi pantai, anak-anak bermain pasir. Taman ini cocok untuk keluarga yang ingin taman yang indah tanpa mengeluarkan biaya.

Kisaran harga tiket bus dalam kota biasanya tergantung jarak. Paling dekat RM1.20, paling jauh RM3.40.

aaa

Alamat-Alamat Penting di Johor

  1. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) : No. 46 Jalan Taat, 80100 Johor Bahru Telp : +60197902000
  2. Forum Lingkar Pena (FLP) Johor : No. 15 Jalan Kebudayaan 35 Taman Universiti Johor bahru 81300 Skudai Johor. Telp : 07-5202153
  3. Hotel Good Hope : No.1, Jalan Ronggeng 5, Taman Skudai Baru, 81300 Skudai, Johor Bahru, Malaysia. Phone: +6 07 557 2828

[1] Kolang-kaling

Post Author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *