Berita

Intip Keseruan FLP Jelajah Keraton Kasepuhan Cirebon

Intip Keseruan FLP Jelajah Keraton Kasepuhan Cirebon

FLP.or.id,– Budaya keislaman berbalut tradisi yang kental membuat Keraton Kasepuhan Cirebon tidak perlu diragukan lagi kekhasannya. Keraton yang pernah menjadi pusat penyebaran agama Islam ini dahulu memiliki dominasi teritorial dari Losari sampai Junti Indramayu.

Hal tersebut terungkap setelah Forum Lingkar Pena (FLP) Cirebon melakukan giat Piknik Literasi (PIKSI) di keraton yang sudah berdiri sejak tahun 1529 silam. Pada kesempatan itu, FLP Cirebon menjelajahi keraton yang didampingi oleh seorang pemandu atau tour guide, Raden Nanang.

Raden Nanang menjelaskan banyak hal yang terdapat di Keraton Kasepuhan Cirebon. Seperti ciri khas keraton pada umumnya memiliki alun-alun, Siti Inggil dan bangunan utama Keraton. Seperti juga penjelasan kegiatan open house untuk melihat ruang utama keraton yang menjadi istana para sultan, kegiatan tersebut biasanya diadakan setiap tanggal 2 Syawal berlangsung hanya 2 jam saja. Tepatnya pada pukul 09:00 – 11:00 WIB.

Ada juga sejarah-sejarah keislaman yang sangat kental, contohnya seluruh keluarga keraton pasti melakukan ritual doa atau puji-pujian terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan. Kehadiran Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang masih satu kawasan dengan keraton pun menjadi bukti nyata budaya Islam sangat kental di sana.

Konon, masjid ini adalah masjid tertua di Cirebon, yaitu dibangun sekitar tahun 1480 M atau semasa dengan Wali Songo menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Masih dalam kegiatan jelajah itu, anggota FLP Cirebon juga diminta untuk mencerna seluruh penjelasan sang pemandu, baik berupa catatan maupun rekaman.

Sumber-sumber yang didapat kemudian dipresentasikan oleh para anggota dalam agenda selanjutnya. Para anggota yang bisa menyampaikan hasil analisisnya mendapatkan hadiah di akhir acara. Tidak hanya itu, kegiatan PIKSI ini juga dimeriahkan dengan beberapa game, diantaranya game konsentrasi pengenalan, angin berhembus dan tanya jawab pengetahuan seputar keraton maupun FLP.

Di akhir kegiatan, seluruh anggota ditugaskan membuat sebuah karya tulis bertemakan dirinya dalam acara PIKSI yang melibatkan Keraton Kasepuhan. Sekedar informasi, pihak keraton sangat menerima kehadiran FLP Cirebon dalam giat PIKSI kali ini, mereka pun menawarkan diri jika kelak akan mengadakan kegiatan serupa lain waktu.

Sebagai bentuk kenang-kenangan, FLP Cirebon memberikan cinderamata berupa buku Antologi Cinta FLP Cirebon yang diberikan kepada Ibu Ratu.

Salam Literasi dari Kota Wali!

FLP Cirebon

Related posts

FLP dan Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Siapkan Kerjasama Agenda Literasi untuk Penghuni Lapas

admin

Lomba Review Film Ketika Mas Gagah Pergi

admin

FLP Bandar Lampung Adakan Pelatihan Desain Grafis

admin

Leave a Comment