FLP Karanganyar Gelar Workshop Menulis Novel

1 menit baca |

KARANGANYAR –  FLP Cabang Karanganyar menyelenggarakan Workshop Menulis Novel Sehari Bersama Afifah Afra,  Minggu (4/11).  Acara berlangsung di aula lantai I Masjid Agung Karanganyar.

Dalam kegiatan tersebut Afifah Afra selaku narasumber utama memberikan materi tentang proses menulis novel.  Acara ini diikuti 20 peserta dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak,  remaja,  pegawai, sampai ibu rumah tangga.  Workshop menulis novel ini merupakan salah satu rangkaian roadshow Afifah Afra se-Jawa Tengah. Selain itu kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyemarakkan milad ke-101 Kabupaten Karanganyar.

Rangkaian roadshow Afifah Afra Bulan November ini  akan mengisi di wilayah Soloraya setelah dari Karanganyar, Minggu berikutnya akan mengisi di FLP Solo dan FlP Wonogiri, setelah bulan lalu mengisi di daerah Pantura.

Ketua FLP Karanganyar, Agus Yulianto berharap dari kegiatan ini para peserta memiliki pengetahuan dan skill tentang tahapan dalam menulis novel.  Para peserta diberi tugas oleh Afifah Afra untuk membuat out line novel untuk diselesaikan dalam bentuk draft novel.  Bagi peserta yang bukan anggota FLP Karanganyar ketika mengikuti acara ini berkesempatan menjadi simpatisan FLP Karanganyar,  yang nantinya memiliki kesempatan untuk mengikuti program pembinaan kepenulisan yaitu Sekolah Menulis yang diadakan setiap hari Minggu.  Selain itu, dalam acara workshop ini juga ada peserta yang merupakan salah satu anggota FLP Karanganyar yang berkebutuhan khusus (ABK), Affantya. Gadis remaja yang baru saja lulus SMA ini, sekarang kuliah melalui program beasiswa. Dia memiliki keinginan untuk menerbitkan novel.  Dia sudah memiliki draf novel yang saat ini dalam tahap revisi.  Affantya berharap dapat menyelesaikan novel yang baru digarapnya dengan baik sehingga dapat terbit.

Selain kegiatan workshop,  FLP Karanganyar saat ini sedang mengerjakan proyek antologi bersama yang insya Allah akhir tahun akan dilaunching. “Alhamdulillah, 2 tahun FLP Karanganyar berdiri, kami dapat memberikan kontribusi di dunia literasi di kota Intanpari Karanganyar ini.  Insya Allah FLP Karanganyar akan bersinergi dengan berbagai lembaga atau pihak yang mendukung program literasi untuk kemajuan Kabupaten Karanganyar.  Saat ini FLP Karanganyar akan diajak kerja sama oleh Diskominfo Kabupaten Karanganyar dalam pengembangan budaya literasi di masyarakat.  Selain itu kita juga akan menjajaki kerja sama dengan lembaga sosial Lazis UNS dalam hal pengisian rubrik di majalah Lazis UNS.  Saat ini FLP Karanganyar juga sedang gencar-gencarnya program FLP Karanganyar Goes to School, mengajak para siswa baik tingkat sekolah dasar hingga tingkat atas untuk mencintai budaya literasi melalui kegiatan kepenulisan yang dipandu langsung oleh tim FLP Karanganyar,” jelasnya.

Post Author: admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *