FLP Karanganyar Adakan Seminar Literasi

1 menit baca |

KARANGANYAR, FLP.or.id – Forum Lingkar Pena (FLP) Karanganyar mengadakan Seminar Literasi bertema Karanganyar Menuju Kabupaten Literasi Berkeadaban di aula Perpustakaan Karanganyar, Minggu (11/2).

Pembicara pertama, jurnalis yang juga Humas BPP FLP, Eni Widiastuti, memberikan materi soal peran media massa dalam mengembangkan budaya literasi. Eni juga banyak memberikan tips tentang bagaimana caranya agar naskah yang dibuat bisa dimuat di media. “Pertama tentukan media mana yang akan dikirimi naskah, selanjutnya ketahui visi misi atau tagline media yang bersangkutan, patuhi ketentuan penulisan yang telah ditentukan, pahami ritme penerbitan media dan kirim naskah disertai data diri,” jelasnya.

Pembicara kedua, Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Karanganyar, Giyato, memberikan motivasi kepada peserta agar mau menulis.”Jika ingin mengenal dunia, membacalah. Jika ingin dikenal dunia, menulislah,” ujarnya.

Media untuk menulis antara lain web, surat kabar, blog, buku, dan lainnya. Menulis fiksi, terangnya, bisa bermanfaat untuk memperbaiki kualitas diri, sebagai kritik sosial.

Bagaimana menemukan ide cerita, kata Giyato, hal pertama yang dilakukan adalah harus memperkaya bacaan, memperkaya imajinasi karena imajinasi lebih penting dari pengetahuan, mengolah kembali cerita rakyat, memanfaatkan pengalaman. “Terlalu banyak waktu yang dibutuhkan jika semua hal harus kita alami, maka membaca menjadi sarana untuk mengambil pengalaman,” jelasnya.

Cara mudah menulis opini, kata Giyato, yaitu MPS. M, Ketahui (m)asalahnya, P apa (p)enyebabnya dan S bagaimana (s)olusinya.

Ketua FLP Karanganyar, Agus Yulianto, menerangkan seminar diadakan dengan tujuan sebagai tahapan dalam meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Karanganyar, mengajak masyarakat Karanganyar melek literasi, menjadikan kegiatan literasi itu hal yang menyenangkan dan menguntungkan. (ewid)

Post Author: admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *