Catatan Silaturahmi Media Islam dengan MUI (2): Ketidakpuasan terhadap Media-Media Mainstream

1 menit baca |

Setelah konferensi pers acara dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi yang dibuka oleh Ketua MUI KH.Masduki yang dilanjutkan dengan materi pertama berjudul “Posisi dan Citra Media Islam”. Sebelum memasuki materi, Ketua Infokom MUI  Dr. Asrori S. Karni menjelaskan kepada peserta yang lebih dari 100 orang bahwa gagasan pertemuan ini adalah amanah dari Ketua Umum MUI.

“MUI merasa perlu menjalin kerjasama dengan media-media Islam yang semakin besar yang olehnya itu diperlukan keserasian cara melihat, perspektif, dalam merespon tema-tema tersebut,” kata Asrori S. Karni.

Dari sisi media, lanjut dia, MUI melihat bahwa media-media Islam tumbuh sebagai alternatif terhadap ketidakpuasan media-media mainstream.Forum silaturahmi ini ingin menyampaikan berbagai hal terkait MUI sekaligus menguatkan silaturahmi sesama umat Islam.

Ketidakpuasan terhadap media-media mainstream paling tidak terlihat dalam pemberitaan peristiwa 411 dan 212 yang dianggap berat sebelah dan tidak berpihak kepada umat Islam. Bahkan, ada fakta untuk tidak menampilkan citra umat Islam yang damai, toleran, dan cinta NKRI dalam liputan-liputan tentang Islam.

Hal ini menjadi keprihatinan tersendiri di kalangan MUI yang akhirnya bersepakat untuk menjalin sinergitas bersama media-media Islam yang begitu intens dalam menyebarkan konten-konten berita yang tidak dikaver oleh media-media mainstream. *

*Yanuardi SyukurPengurus FLP Pusat Penerima Beastudi Etos Dompet Dhuafa 2001-2003

Post Author: Yanuardi Syukur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *