Berita

Bercahaya Bersama FLP Lampung

peserta talkshow - CopySabtu, 3 Mei 2014, Musyawarah Wilayah (Muswil) FLP Lampung digelar di Rumaha Albi Jl Kimaja 4 Bandar Lampung. Acara ini diikuti oleh pengurus FLP Lampung baik pengurus wilayah maupun perwakilan FLP Cabang, seperti FLP Bandar Lampung, FLP Metro, FLP Lampung Utara dan para pengurus persiapan FLP Lampung Selatan.Muswil kali ini menghadirkan Ketua FLP Pusat,  Sinta Yudisia sebagai perwakilan Badan Pengurus Pusat (BPP) untuk mendampingi acara Muswil.

Muswil dimulai tepat pukul 09.00 WIB dilanjutkan dengan motivasi keorganisasian oleh Sinta Yudisia agar para pengurus dan pengiat FLP Lampung untuk tetap bersemangat menebarkan dakwah kepenulisan bersama FLP. Dilanjutkan dengan pembacaan LPJ oleh ketua FLP Lampung Periode 2012-2014, Sri Rahayu atau yang kerap dikenal Naqiyyah Syam didampingi oleh pengurus lainnya Destiani (Sekretaris), Maya Uspasari (Bendahara) dan Koodinator Divisi FLP Kids, Desma Heriyanti.

Minimnya pengurus FLP Wilayah Lampung yang  aktif menjadi kendala besar dipengurusan periode ini. Namun, Naqiyyah Syam dan pengurus yang tersisa tidak gentar untuk terus menyelesaikan amanah. Jika di kepengurusan sebelumnya sering terjadi ketua meninggalkan FLP Lampung, kini yang terjadi adalah ketua FLP Lampung ditinggalkan pengurusnya. Beruntung, FLP Wilayah dapat bersinergi dengan FLP Cabang Bandar Lampung sehingga program kerja dapat terlaksana 90 persen.

Program unggulan di kepengurusan ini adalah Taman Baca Keliling, Rumah Cahaya dan FLP Kids. Alhamdulillah program terlaksana dengan baik. Bahkan Sekolah Menulis yang selama hampir 2 tahun kepengurusan hanya bersifat online, dapat terlaksana secara offline dengan target 20 peserta dapat tercapai dengan baik.

Usai pembacaan LPJ dan tanya jawab antar peserta Muswil, saatnya penilaian hasil LPJ oleh peserta dan pengurus menunggu diluar  ruangan. Ternyata pembahasan cukup panjang tak hanya 5 menit dari waktu yang disepakati, tapi melebar menjadi 20 menit. Berbagai tanggapan evaluasi dan rekomendasi dari berbagai peserta Muswil menjadi catatan untuk kepengurusan memperbaiki LPJ, terutama menyelesaikan proyek buku antologi yang telah disepakati.

Tak lama dari keputusan penerimaan LPJ dengan berbagai catatan, dilanjutkan dengan pemilihan calon ketua FLP Lampung. Terdapat 8 kandidat dan akhirnya mengkerucut menjadi 4 kandidat yaitu Tri Sujarwo, Destiani, Yandigsa dan Idrus Mustofa. setelah melakukan pemungutan suara secara tertutup, maka terpilihlah ketua FLP Lampung yang baru, periode 2014-2016, Tri Sujarwo.

Rangkaian acara FLP Lampung dilanjutkan dengan Talkshow Kepenulisan Ahad, 4 Mei 2014  dengan tema, “Lampung Bercahaya, Menebar Cinta dengan Sastra menghadirkan Sinta Yudisia (Ketua FLP Pusat, Peraih Novel Terpuji FLP Award), Peringga Ancala (Penulis Novel, Juara II Tulis Nusantara 2013), Tuti Sitanggang (Penulis Cerita dan Novel Anak) dan Firman Junaedi (Pendongeng dan Penulis Buku Dongeng).

Acara ini diikuti oleh 60 peserta baik peserta FLP Kids, mahasiswa dan umum. Peserta sangat antusias mengikuti jalannya talkshow, apalagi tips dari Sinta Yudisia, cara mendampingi anak yang memiliki bakat menulis sangat diperlukan bagi orang tua. Firman Junaedi mengenalkan teknik mendongeng dengan kocak, peserta diajarkan suara bebek, suara kucing marah, suara gajah, dan lainnya.

Sedangkan Tuti Sitanggang yang seorang PNS berbagi kisah menulis adalah panggilan jiwanya, bahkan setelah sempat vakum 20 tahun tidak menulis akhirnya beliau berhasil menerbitkan novel anak berjudul Misteri Puau Bertuah yang bersetting Lampung. Tak kalah serunya tips menulis yang disampaikan penulis novel asal Lampung, Peringga Ancala. Penulis pemenang juara II Novel Tulis Nusantara 2013 ini sangat detail menyisipkan unsur lokalitas pada novel-novel karyanya.

Tak terasa azan Dzuhur berkumandang, acara selesai ditutup dengan bagi-bagi doorprize yang disponsori oleh Toko Buku Bandung Book Centre dan Majalah Soca serta foto bersama.

Selamat menjalankan tugas kepada ketua FLP Lampung periode 2014-2016, Tri Sujarwo semoga membawa FLP Lampung lebih bercahaya. [ns]

 

Laporan: Naqiyyah Syam

Related posts

Terbuka untuk Semua, Lomba Essay Ini Mengenai Kamu dan FLP; Iya, Kamu …

admin

Orang Kampung, Masyarakat Digital, dan Siasat Literasi

Yanuardi Syukur

Virus Membaca Ala FLP Hadhramaut

Kontributor FLP

Leave a Comment