Kamis, September 22Literasi Berkeadaban - Berbakti, Berkarya, Berarti


Bedah Buku FLP Tegal: Tuan Halbosh dan Legenda Desa Guci

Bedah Buku Tuan Halbosh dan Legenda Desa FLP Tegal

 

TEGAL – Kamis, 11 Agustus 2022, komunitas literasi Forum Lingkar Pena Tegal mengadakan bedah buku ‘Tuan Halbosh dan Legenda Desa Guci’.

Acara yang diadakan di Gedung Rakyat Slawi dan bertepatan pula dengan adanya Bazar Sejuta Buku Murah Slawi tersebut berlangsung meriah.

Empat puluh siswa-siswi dari berbagai SMP di Kabupaten Tegal sangat antusias menyimak penjelasan oleh Bu Nening selaku penulis buku Tuan Halbosh dan Legenda Desa Guci.

“Sejarah pabrik gula, terlebih yang ada di Kabupaten Tegal, harus diabadikan dalam media buku. Sebab banyak pabrik yang sekarang sudah tutup dan tidak beroperasi. Maka dari itulah saya menuliskan buku Tuan Halbosh ini,” ujar Bu Nening kepada para peserta yang hadir.

 

Bedah Buku FLP Tegal

 

Beliau juga tidak ingin kita melupakan sejarah karena terdapat banyak pelajaran yang bisa kita ambil untuk menjalani kehidupan hari ini serta masa depan.

Diskusi lebih seru ketika para peserta ingin lebih tahu banyak tentang pabrik gula. Banyak pertanyaan terlontar dari mereka, semisal bagaimana pabrik itu ada, siapakah Tuan Halbosh, ada keterkaitan apa dengan Desa Guci, dan sebagainya.

Tidak hanya bedah buku, FLP Tegal juga merilis buku kumpulan cerpen remaja terbarunya yang berjudul “Yes or No, Boom!”.

Launching buku dilakukan oleh Eri Fitniati selaku ketua FLP Tegal. Ia berharap dengan adanya buku ini, para remaja bisa lebih peduli dan belajar tentang permasalahan yang dihadapi.

Problematika usia remaja yang sangat kompleks seperti bullying, kenakalan remaja, dan lainnya, membuat kita prihatin dan tercetuslah ide untuk membuat kumpulan cerpen ini.

Tak hanya itu, buku ini juga berisi beragam cerita yang memuat suka-duka para remaja sehingga buku ini sangat cocok untuk dinikmati oleh kawula muda dan juga para orang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pin It on Pinterest

Share This