Berita Kabar

Studium General FLP Ciputat 2016

Jakarta-Sabtu 22 Oktober 2016, Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Ciputat didukung oleh DEMA Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, menggelar studium general dengan tema “Selami Dunia Literasi, Temukan Jati Diri, Ciptakan Karya Abadi.” Acara tersebut dilaksanakan di Auditorium FKIK Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan menghadirkan penulis-penulis diantaranya Azwar Sutan Malaka, Aida MA, dan Risma el Jundi.

“Menulis bukan hanya untuk tujuan popularitas atau hanya untuk mencari keuntungan materi belaka, akan tetapi menulis adalah bagian dari usaha untuk membangun masyarakat, tulisan ada  untuk memenuhi hak-hak warga dan men adalah kegiatan untuk membangun kehidupan yang lebih baik,” jelas Azwar Sutan Malaka, yang juga penulis novel Cindaku itu.

Lebih jauh, Azwar yang menyampaikan materi tentang “Menulis Kreatif Non Fiksi” itu menjelaskan bahwa menulis adalah kerja peradaban untuk meningkatkan mutu dan kualitas hidup manusia di dunia ini. Sementara itu Risma el Jundi yang menyampaikan materi tentang “Teknik Menulis Fiksi” mengatakan bahwa menulis pada hakekatnya mengajak orang kepada kebaikan.

“Oleh sebab itu, dalam menulis hendaklah menghasilkan karya-karya yang baik,” kata penulis buku Wanita Pendamba Syurga itu.

Pada sesi terakhir, hadir sebagai pembicara Aida MA. Kak Aida, begitu penulis muda itu sering disapa menyampaikan materi terkait proses penerbitan karya di penerbit. Aida yang juga CEO Penerbit Batavia Publishing itu menyampaikan tips dan trik mengirim  buku ke penerbit.

“Agar draf buku yang dikirim ke penerbit dilirik editor, menulislah dengan memperhatikan ejaan yang disepurnakan (EYD) jangan menulis dengan bahasa alay, selain itu pada surat pengantar, perkenalkanlah diri kepada penerbit dengan baik,” jelas Aida.

Selain itu dalam acara ini, narasumber menyampaikan tentang materi-materi terkait kepenulisan non fiksi dan penulisan karya fiksi serta tips dan trik dalam mematangkan konsep menulis non fiksi ataupun non fiksi. Plus indo menarik tentang proses pengiriman naskah sebuah buku ke penerbit.

Peserta sangat antusias mengikuti acara ini, apalagi saat narasumber menyampaikan pengalaman-pengalaman saat memulai proses menulis sebuah naskah hingga menjadi sebuah buku. Pada kesempatan ini narasumber juga memberikan motivasi kepada peserta agar  lebih bersemangat lagi dalam proses menyelami dunia literasi.

 

Related posts

FLP Banten Gelar Curhat Kepenulisan

admin

FLP Kalbar: Mendidik Anak Lapas di Pontianak

Kontributor FLP

Pernyataan Sikap Forum Lingkar Pena (FLP) Atas Perkembangan Al-Quds Terkini

admin

Leave a Comment