Penulis FLP Sulsel Menangi Lomba Blog Smart City

1 menit baca |

Wacana dan praktik smart city terus berkembang di Indonesia. Lembaga negara lintas kementerian pun menggalakkan program Menuju 100 Smart City. Dalam program itu, pemerintah pusat mendampingi kota/kabupaten terpilih untuk membuat rencana terkait smart city.

Di tengah pembangunan smart city tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan media InfoKomputer, menyelenggarakan lomba blog nasional “Ini Kota Cerdasku!”. Dalam lomba penulisan ini, masyarakat diminta menyampaikan uneg-uneg masalah kotanya, seraya menyuguhkan ide kreatif untuk mengatasi berbagai masalah dalam pembangunan smart city. Dari 126 entri blog yang masuk selama periode lomba 8-14 November 2017, kemudian dipilih sebanyak tiga orang pemenang.

Penulis dari FLP Wilayah Sulawesi Selatan, Fitrawan Umar, berhasil meraih juara pertama dalam lomba blog itu. Ia menulis entri blog berjudul Data Smartphone untuk Smart Development Planning. Atas prestasinya, Fitrawan berhak membawa pulang hadiah uang penghargaan sebesar Rp 5.000.000.

Dalam pandangan panitia lomba, tulisan Fitrawan ini terlah berhasil secara menarik mengangkat dimensi lain dari pembangunan smart city, yaitu smart development planning. Perencanaan cerdas ini bisa dilakukan dengan menganalisa pola pergerakan masyarakat sebagai pengguna smartphone dan layanan komunikasi lainnya. Dengan begitu, pemerintah daerah memiliki data penting untuk merencanakan arah pembangunan kota.

Kriteria penilaian sendiri meliputi kedalaman menganalisa masalah, kreativitas solusi masalah dengan penggunaan teknologi, serta gaya bahasa yang benar dan menarik. (ik/kom)

Post Author: admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID