Berita Kabar Pilihan Editor

FLP Johor Bahru Sebar Ilmu Di Jalan

Doc.pribadi
Doc.pribadi

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW,  FLP Johor menggelar sebuah kegiatan sharing kepenulisan pada hari Kamis (24/12) kemarin. Tema dari kegiatan ini adalah FLP JB on the street. Acara yang direncanakan akan dilakukan di sepanjang jalan kota lama  di daerah Bandar Johor, karena hujan maka acara dipusatkan di sebuah kedai makan di daerah perhentian bis Johor Bahru Central (JB central).

Acara dimulai dengan pembacaan tasmi surat Al mulk oleh sekretaris FLP Johor,  Rakhmania. Setelah itu langsung ke acara inti.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini,  Sri Widiyastuti,  staf Humas BPP FLP yang kebetulan berdomisili di Johor Bahru,  Malaysia. Sri  menyampaikan materi tentang Kiat Mengolah Ide Menjadi Tulisan. 

Sri memulai materinya dengan menanyakan apa motivasi peserta ingin menjadi penulis. Kemudian Sri juga melanjutkan bahwa banyak cara dalam  menggali idea.

“Ide bisa didapatkan dari mana saja.  Bisa dari pengalaman,  hobi,  pekerjaan, hasil ngobrol,  dari curhatan teman, dari masalah yang sedang dihadapi atau dari buku yang kita baca.”

Sri mencontohkan  beberapa ide yang akhirnya menjadi tulisan yang dimuat di majalah dan menjadi buku.  Sebuah cerpennya di majalah bobo terlahir dari keprihatinannya pada sulam suji di ranah minang yang saat ini mulai tak dikenal di kalangan masyarakat. Dari keprihatinan itu lahirlah sebuah cerpen berjudul Upiak Arai yang bercerita tentang seorang gadis yang sukses membuat sebuah sulaman untuk meneruskan usaha neneknya melestarikan sulam suji. Selain itu ia juga memberikan contoh ide menulis cerpen Jinan Amani yang masuk dalam buku antologi FLP 700 Batang Cahaya.

Setelah itu Sri menyampaikan kiat mengolah ide menjadi tulisan. Sebelum menutup materi hari itu Sri berpesan pada peserta sebagai penulis pemula jangan takut salah dalam menulis. Jika ada ide,  tulislah.  Banyak membaca dan bergabunglah dengan  sebuah komunitas menulis.

Dalam acara yang digelar dari pukul 11.00 hingga pukul 13.30 itu, selain mendapat materi menulis, dilakukan tanya jawab dan peserta  berlatih menulis kemudian diberi masukan langsung.

Peserta yang hadir dalam acara ini 6 orang peserta yang datang dari kawasan Pasir Gudang, Johor Bahru, Malaysia. Meski acara ini sepi peserta, tetapi peserta yang hadir merasakan banyak manfaat dari kegiatan tersebut. Mereka berharap selanjutnya FLP JB akan membuat acara follow up dari acara tersebut di waktu dan kesempatan yang lain.

 

 

 

Related posts

Ketua FLP Jawa Timur: Jadikan Alam sebagai Inspirasi untuk Menulis

admin

Zain Maulana Pimpin FLP Soloraya

admin

Pengumuman 10 Peserta Terpilih Pelatihan Penulisan Serial Buku Bacaan Anak yang Inklusif dan Berjenjang

admin

Leave a Comment