Sabtu, Desember 3Literasi Berkeadaban - Berbakti, Berkarya, Berarti


21 Dongeng Anak Edukatif yang Bisa Ditonton dari Kanal Youtube FLP

21 Dongeng Anak Edukatif yang Bisa Ditonton dari Kanal Youtube FLP

 

Dongeng anak memang menjadi sarana paling efektif untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak tanpa harus menggurui. Selain asyik mendengarkan si pendongeng bercerita dengan intonasi dan ekspresi yang berubah-ubah, anak-anak juga akan mendapatkan pengalaman yang menarik setiap kali menyimak cerita yang berbeda.

Dongeng memiliki banyak manfaat bagi anak, salah satunya meningkatkan perkembangan kognitif. Dengan mendengarkan dongeng, anak akan dilatih untuk berpikir dan berimajinasi. Selain menambah kosakata, dongeng juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi verbal.

Masalahnya, mendengarkan dongeng yang sama berulang-ulang mungkin akan mudah membuat anak bosan. Apalagi jika dongeng yang dibacakan merupakan dongeng-dongeng yang sudah sangat sering dikenal luas oleh masyarakat. Sebagai alternatif, biasanya para orang tua dan guru mengarang sendiri cerita yang akan mereka dongengkan kepada anak. Dengan segala kesibukan dan tugas yang menumpuk, mencari ide untuk dongeng bukanlah sesuatu yang mudah.

Nah, sebagai salah satu organisasi yang mengusung wacana Literasi Berkeadaban, Forum Lingkar Pena memiliki solusi atas permasalahan tersebut. Ada 21 dongeng anak yang disediakan oleh para anggota FLP di kanal Youtube resmi milik Forum Lingkar Pena. Ide dan gagasan yang terkandung pada dongeng-dongeng ini cukup menarik dan berbeda dari cerita kebanyakan. Ada yang bertemakan hewan, lingkungan, kearifan lokal, dan lain sebagainya. Selain itu, cara bercerita para pendongeng yang ada di video-video tersebut juga unik-unik dengan gayanya masing-masing.

Video dongeng anak ini bisa digunakan oleh orang tua, guru, dan para penggiat literasi di mana saja. Harapannya, FLP turut menambah khazanah dongeng edukatif di Indonesia.

Apa saja 21 dongeng anak yang bisa ditonton di kanal Youtube FLP? Simak yuk!

Bagaimana? Banyak, ‘kan? Semoga bisa menjadi pilihan alternatif untuk dongeng yang mendidik.

Jangan lupa berlangganan kanal Youtube FLP di sini, ya! Akan banyak kejutan seru lainnya menanti Anda.

Kredit ilustrasi depan: Freepik

2 Comments

  • Wah, semua dongengnya pengen saya puterin buat ponakan nih. Budaya mendongeng seharusnya memang dibiasakan pada anak. Sekarang sudah terbantu dengan adanya kanal youtube seperti FLP ini yang menyediakan dongeng2 edukatif terbaik untuk anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Share This