Berita

Pelatihan Penulisan Cerpen Bersama FLP Yogyakarta

YOGYAKARTA, FLP..or.id –┬áMAN 1 Sleman bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan penulisan cerpen pada Jumat, 19 Oktober 2018. Dalam kesempatan ini, FLP Yogyakarta yang diwakili Syahirul Alim dkk., memberikan pelatihan menulis cerpen khususnya kepada siswa MAN 1 Sleman dan pelajar umum.

Pelatihan penulisan cerpen ini dilaksanakan dalam rangka memperingati bulan bahasa. Acara berlangsung mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Kepala MAN 1 Sleman memberikan sambutan untuk acara pelatihan penulisan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pihak FLP Yogyakarta. Narasumber pertama ialah Safira Yumna yang menyampaikan teori-teori mengenai cerita pendek. Selanjutnya, acara disambung oleh Syahirul Alim sebagai narasumber kedua. Pada kesempatan ini, Syahirul Alim memberikan materi mengenai teknik penulisan cerpen. Tercatat sekitar 40 peserta memperhatikan penyampaian materi dengan antusias.

Setelah penyampaian materi selesai, peserta dibagi menjadi empat kelompok untuk praktik menulis. Peserta dibawa ke luar kelas agar lebih mampu memaksimalkan imajinasi untuk menulis. Dalam kesempatan ini, masing-masing kelompok didampingi oleh seorang mentor dari FLP Yogyakarta. Waktu 40 menit diberikan untuk praktik menulis. Peserta cukup aktif dan antusias mengikuti alur pelatihan.

Kembali ke kelas, beberapa peserta diminta membacakan karyanya dan dikoreksi secara langsung oleh Syahirul Alim.

Selain program pelatihan penulisan cerpen bersama FLP Yogyakarta, MAN 1 Sleman juga mengadakan lomba menulis cerpen bagi siswa. Pelatihan kali ini juga sebagai bekal awal bagi siswa untuk mengikuti lomba cerpen tersebut.

Related posts

Perayaan Buku Antologi FLP Karanganyar

admin

Kiprah FLP dalam Pengembangan Literasi di Sidoarjo

admin

Suwanda Lanjutkan Estafet FLP Wilayah Lampung

admin

Leave a Comment