Berita Opini

Catat! Ini 7 Tips Ampuh Agar Konsisten Ngeblog

Mengelola sebuah blog itu butuh strategi, agar dapat memberikan manfaat sesuai harapan. Namun apapun strategi yang kita terapkan, semua itu tidak akan ada artinya tanpa sebuah konsistensi. Terutama dalam meng-update konten blog. Mengapa? Karena ini dapat menaikan peringkat dan pengunjug blog. Disinilah letak perbedaan bogger sukses dan non sukses. Lantas bagaimana caranya agar konsisten ngeblog? Yuk, simak ulasan tips ampuh berikut.

7 Tips Ampuh Tetap Konsisten Ngeblog

1. Tentukan Visi
Visi blog akan membantu kita terus termotivasi mencapai target-target blogging. Jika kelak tiba-tiba rasa malas datang, kita dapat dengan mudah mengusirnya. Karena ada sebuah alasan yang kuat untuk terus produktif menghasilkan tulisan. Apalagi yang punya visi menjadi blogger professional yang bisa menghasilkan saldo di rekening.

2. Never Give Up
Ada atau tidak ada komentar bahkan tidak ada yang baca, jangan pernah biarkan semangat aktif ngeblog padam. Karena sekali kita absen menulis, maka akan sulit memulainya lagi. Terus berkarya. Yakinlah bahwa setiap tulisan kelak akan menemukan pembacanya masing-masing.

3. Luruskan Niat
Mengawali setiap hal dengan niat yang baik, maka akhirnya akan menghasillkan hal yang baik juga. Begitu juga halnya supaya tetap konsisten dalam ngeblog. Sehingga saat kita menulis pun tidak terbebani. Karena pikiran terbebas dari hal yang menguras energi terkait profit pribadi, yang akhirnya jadi malas menulis.
Niatkan saja menulis untuk bisa terus berbagi dan menjadi pribadi lebih bermanfaat. Dengan begitu kita pun akan kecanduan untuk terus meluangkan waktu meng-update blog. Dan menurut saya niat adalah modal awal untuk menjaga kita agar konsisten ngeblog meski tanpa iming-iming.

4. Perkaya Gudang Ide
Ide adalah harta karun penulis. Maka jangan pernah biarkan ide melayang begitu saja. Tangkap, simpan, dan kembangkan saat ingin memperbarui blog. Simpanan ide yang banyak, akan memudahkan kita dalam membuat sebuah tulisan.
Saya biasanya selalu membawa jurnal kemanapun untuk mencatat ide yang melintas. Karena ketika diluar, kerap muncul ide-ide yang menarik untuk konten tulisan. Inilah cara mengapa saya masih terus bisa aktif mengisi konten blog.

5. Time Management
Banyak orang bermasalah dengan waktu. Seolah waktu 24 jam sehari itu kurang. Inilah yang kerap menjadi kendala sebagian blogger dalam upaya mempertahankan konsistensi ngeblog. Untuk itu sangat perlu mengatur waktu dengan baik. Jadwalkan kapan waktu untuk blogging. Usahakan pilih waktu yang fleksibel atau sesuaikan dengan jadwal. rutinitas. Atau bisa juga dengan cerdas memanfaatkan jam-jam luang.
Nah untuk mencegah kebosanan atau buntu ide, bisa juga dengan memakai teknik pomodoro saat menulis, yaitu dengan mengatur interval waktu antara mengerjakan dan istirahat. Hal ini bisa membuat kita lebih fokus menyelesaikan sebuah pekerjaan.

6. Bergabung dalam Komunitas
Komunitas blogger akan membantu kita untuk lebih berkembang. Disini kita bisa mendapat banyak ilmu tentang blogging. Bahkan dari mereka yang sudah senior dan profesional. Selain itu, kita jadi punya circle pertemanan yang luas dari kalangan blogger. Ingat, teman punya pengaruh kuat dalam membentuk mindset. Dan biasanya teman yang satu visi akan saling memotivasi dan menyemangati. Dan ini penting agar kita produktif.

7. Rakus Belajar
Teruslah perkaya pengetahuan dunia blogging. Belajar dimanapun, kapanpun, dengan siapapun. Jika tidak paham, Jangan sungkan bertanya pada blogger-blogger yang sudah lama eksis. Biasanya mereka welcome banget dan senang membantu. Semakin kita paham, maka akan sayang rasanya jika kita tidak berkarya.

8. Down to Earth
Jangan jumawa atas segala pencapaian ngeblog. Lebih baik terus fokus menjadi blogger bermanfaat dan menginspirasi. Sehingga semangat menulis akan terus ada, meski telah mencapai target tertentu.

9. Lakukan Poin 1-8 Secara Kontinyu
Saat kita telah terbiasa melakukan suatu hal, maka untuk konsisten amatlah mudah. Mungkin awalnya sulit, tapi yakinlah kebiasan yang dibangun itu akan menjadi candu. Bahkan kita merasa ada yang kurang jika belum menunaikannya.

Demikianlah tips yang bisa diterapkan agar konsisten ngeblog. Semoga cara di atas bisa menjadi referensi teman-teman. Yakinlah tidak ada yang rumit. Yang rumit itu hanya cara berpikir kita. Percayalah pada kemampuan diri bahwa teman-teman juga bisa menjadi blogger produktif dan professional.

Rika Widiastuti Altair
Menjadi bagian FLP Bandarlampung sejak 2017. Blogger yang hobi traveling dan belajar hal-hal baru ini sudah menerbitkan 9 antologi bergenre non fiksi, yang satu diantaranya buku persembahan untuk Palestina. Beberapa kali berkesempatan memenangkan lomba blog dan menulis online Selain itu Rika juga adalah content writer dan translator. Kalian bisa berkunjung ke blog pribadinya www.rikaaltair.com

Related posts

Ramadhan Bersemi Kembali

admin

Catatan Silaturahmi Media Islam dengan MUI (5): Dr. Usman Yatim: Media Islam Perlu Mengikuti UU Pers

Yanuardi Syukur

Pernyataan Sikap Forum Lingkar Pena (FLP) Atas Perkembangan Al-Quds Terkini

admin

Leave a Comment