Apa Program Pusat Terkait Wilayah yang Telah Terlaksana di Triwulan I?

2 menit baca |

Kamis, 29 Maret 2018. Seperti biasa, Divisi Jaringan Wilayah BPP FLP menggelar rapat setiap Kamis. Nah, karena ini pekan terakhir dari Triwulan I, maka agenda rapatnya mengevaluasi capaian program yang terkait wilayah selama tiga bulan pertama 2018. Saya selaku Kordiv Jarwil pun telah membuat grup koordinasi dengan para Koordinator Divisi lainnya yang memiliki program terkait FLP Wilayah di Triwulan I ini. Hal ini dalam rangka memastikan Fungsi Pertama Divisi Jaringan Wilayah berjalan dengan baik, yaitu Memfasilitasi semua Divisi. Dan juga memastikan target kedua di Tahun Penataan dapat tercapai, yaitu Menata Pola Komunikasi Pusat-Wilayah.

Di Triwulan I ada 3 Divisi dan 2 Pengurus Inti BPP yang kami libatkan dalam koordinasi. Yaitu Sekretaris, Bendahara, Divisi Humas, Divisi Bisnis dan Divisi Rumah Cahaya. Divisi Bisnis langsung diikuti oleh Koordinator-nya (Nur Baiti), Divisi Humas diwakili oleh Staff-nya (Naqiyyah Syam), sedangkan Divisi Rumah Cahaya dihadiri oleh Koordinator-nya (Rihanu Alifa) dan satu Staff-nya (Yova Tri Yolanda). Selain program setiap bulan, ada juga program yang dicanangkan selama 3 bulan pertama ini, yaitu program pendataan Rumah Cahaya. Setelah kami berdiskusi dengan Divisi Rumcay, maka program ini diputuskan untuk ditunda bulan Desember 2018 sesuai Peta Jalan Jarwil, yang nanti akan didampingi oleh mbak Lailatul Widayati.

Pada Januari, ada 3 program terkait pengurus wilayah. 2 program dari Sekretaris BPP dan 1 program dari Divisi Jarwil. Alhamdulillah 3 program tersebut telah terlaksana. Pertama program sosialisasi aturan penomoran surat, yang sudah dibuat oleh Sekretaris BPP dan sudah dilanjutkan oleh Divisi Jarwil dalam bentuk Tata Aturan Keadministrasian Surat-Menyurat dan Alur Komunikasi FLP Wilayah / Cabang / Ranting. Kedua program sosialisasi berita acara, yang sudah dibuat oleh Sekretaris BPP dan sudah dilanjutkan oleh Divisi Jarwil dalam bentuk lampiran di Tata Aturan Keadministrasian Surat-Menyurat dan Alur Komunikasi FLP Wilayah / Cabang / Ranting. Ketiga program menyiapkan Paket Jarwil berupa AD/ART, Legal dan Program seluruh Divisi BPP Tahun 2018, yang sudah terkirimkan ke FLP wilayah kecuali legal karena belum selesai diperbarui di Sekretariat BPP.

Pada Februari, ada 5 program terkait pengurus wilayah dan 1 program terkait anggota. 1 program dari Sekretaris BPP, 1 program dari Bendahara BPP, 2 program dari Divisi Humas dan 2 program dari Divisi Jarwil. Alhamdulillah 4 program telah terlaksana, sedangkan 2 program belum terlaksana. Pertama program sosialisasi tertib administrasi Reg On, yang sudah dilakukan oleh Sekretaris BPP dan sudah dilanjutkan oleh Divisi Jarwil. Kedua program pembuatan dan sosialisasi Tata Keuangan FLP + Iuran, ditunda bulan November – Desember 2018 sesuai Peta Jalan Jarwil dan akan didampingi bang Aslul Khitan. Ketiga program sosialisasi aturan kehumasan + pelatihan kehumasan, yang sudah dilaksanakan meskipun mundur ke bulan Maret. Keempat program Penaklukan Google, targetnya anggota namun belum terlaksana karena belum tersedia konsepnya. Kelima program mengumpulkan profil wilayah, yang sudah dilakukan oleh Divisi Jarwil. Keenam program menetapkan klasifikasi wilayah, yang juga sudah diselesaikan oleh Divisi Jarwil.

Pada Maret, ada 2 program terkait pengurus wilayah dan 2 program terkait masyarakat umum. 1 program dari Sekretaris BPP, 1 program dari Divisi Jarwil dan 2 program dari Divisi Bisnis. Alhamdulillah 2 program telah terlaksana, sedangkan 2 program belum terlaksana. Pertama program mengarsipkan berita kegiatan wilayah/cabang/ranting, yang sudah dikumpulkan oleh Sekretaris BPP dibantu oleh Divisi Jarwil tetapi belum maksimal. Kedua program menjajaki masjid sebagai alternatif sekretariat, yang tertunda karena keterlambatan pengumpulan profil wilayah sehingga memperlambat identifikasi sekretariat wilayah. Ketiga program menyiapkan Panduan Pelaksanaan Pelatihan Menulis, yang selesai di Divisi Bisnis. Keempat program KOL (Kelas On Line), yang sudah dimajukan ke bulan Februari karena ada lomba penulisan bacaan Anak.

 

Jakarta, 29 Maret 2018

Irfan Azizi
Koordinator Divisi Jarwil BPP

Post Author: Irfan Azizi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *