Berita

Muswil FLP Maluku Utara

Penyerahan berkasTERNATE – Irawati, lulusan IAIN Ternate bergelar Ahli Madya Perbankan Syariah (A.Md, Pb.S), terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Maluku Utara periode 2014-2016 dalam Musyawarah Wilayah III FLP Malut yang digelar di SMAN 1 Ternate (9/2). Irawati praktis menggantikan ketua sebelumnya, Yanuardi Syukur, yang menjadi ketua sejak 2007 hingga 2014.

“Ini merupakan amanah yang berat, dan diharapkan agar kita bersama-sama mengembangkan FLP Malut ke depan,” harap Irawati yang saat ini sedang menunggu proses terbit kumpulan cerpennya.

Beberapa nama yang masuk sebagai calon ketua adalah Irawati, Umar Juma Sau, Riyandi Kodja, Putri Anggraini dan Safrudin Kader. Kelima nama ini kemudian ditanyakan kesediaannya, dan diadakan pemilihan secara aklamasi. Jika aklamasi tidak diperoleh, dilanjutkan dengan voting. Namun, forum memilih aklamasi dengan secara bulat memilih Irawati sebagai ketua.

FLP Malut berdiri sejak 2007 desa kecil di pinggiran pantai Gamsungi, Kompleks Pelabuhan Kota Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara. Pada 2010, kegiatan FLP dipindahkan dari Tobelo ke Ternate, dan memulai merekrut kader-kader baru yang umumnya berasal dari kampus-kampus di kota Ternate.

Beberapa kader FLP telah menulis buku, baik buku yang ditulis secara pribadi maupun yang ditulis bersama-sama (antologi). Yanuardi Syukur misalnya, hingga awal 2014 menulis sekitar 30 judul buku, Guntur Cobobi menulis 2 judul buku, Putri Anggraini menulis 3 judul buku, dan Nurmansyah menulis 1 buku yang diterbitkan Lepkhair. Kader FLP Malut seperti Irawati, Guntur Cobobi, Putri Anggraini, Riyandi Kodja, Nila Sari Taha, Sahril Hi Ahmad, M Yasim Tarani, Umar Juma Sau, Prapamasta Gangga, Rinelsa Husaen, Endang Nirmala Sari, Annisa Rizkiyah, Asrul Lamunu, Sitti Suhartina, dan Joni PS juga sempat menulis antologi Negeri Di Atas Embun yang diterbitkan Koperasi FLP Pusat.

Besar harapan setelah terbentuk kepengurusan baru nanti, FLP Malut dapat terus beraktivitas dan menghasilkan penulis produktif dari Maluku Utara. * [ys]

Related posts

Menanti Wajah Baru FLP Solo

Kontributor FLP

Ada Bincang Rasa di Peluncuran Buku “Tentang Menanti, Tentang Menemukan”

admin

Studium General FLP Ciputat 2016

admin

Leave a Comment