Ihwal Jarwil dan Dua Divisi di Bawah Kathar 1

1 menit baca |

Ahad, 19 November 2017. Lepas Shubuh, saya menghampiri pak Khairani selaku Ketua Harian 1 (Kathar 1) Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena. Ayah 2 anak yang pernah menjabat Kepala Sekolah pada beberapa tingkatan lembaga pendidikan swasta di Kalimantan Selatan ini sedang beracara di Depok. Alhasil, saya yang diamanahi mengkoordinasikan Divisi Jarwil (Jaringan Wilayah) BPP FLP -yang merupakan salah satu Divisi di bawah koordinasi Kathar 1- merasa perlu menyempatkan duduk bersama beliau. Tentu untuk berkonsultasi terkait program-program Jarwil di periode kepengurusan yang baru terbentuk ini.

Syukurnya, dalam waktu yang sama, salah satu personil Divisi Jarwil juga sedang berada di Depok. Yaitu mbak Lailatul Widayati atau akrab disapa mbak Wiwied, yang domisilinya di Bali. Maka, jadilah saya bersama mbak Wiwied bertemu dengan pak Khairani. Kebetulan, mbak Wiwied juga yang akan dikonsentrasikan untuk Sekretaris di Divisi Jarwil. Jadi, sekalian beliau yang menotulakan arahan-arahan dari Kathar 1.

Karena kesediaan waktu masing-masing kami yang terbatas, maka kami mengefektifkan pertemuan ba’da Shubuh, dari jam 5 sampai jam 7 pagi. Alhamdulillah dalam dua jam tersebut, banyak hal terkait Jarwil FLP dapat kami perbincangkan. Mulai dari hal yang berkaitan pola Jarwil untuk periode ini, hingga memperbincangkan secara detail tahapan dan capaian yang akan diwariskan untuk periode berikutnya.

Sederhana saja pesan pak Khairani kepada kami, agar menyinkronkan dengan dua divisi lainnya di bawah Kathar 1. Divisi yang dimaksud adalah Divisi Kaderisasi dan Divisi Karya. Dalam peta kerja Jarwil yang telah saya arsir, memang telah tergambar titik-titik sinkronisasinya. Dengan tampilnya Jarwil secara teritori dan segmentasi, maka akan mampu mengefektifkan sekaligus mengefesienkan kerja-kerja divisi lainnya. Lebih lagi sesuai rancangan kerja Jarwil dengan tahapan Penataan, Penyetaraan, dan Pemastian.

Seluruh pola hingga 2021 itu mengacu pada perspektif Jarwil sebagai Divisi yang Memfasilitasi semua Divisi BPP, Mengokohkan Jaringan, dan Memastikan kehadiran FLP. Tiga perspektif itu sesungguhnya merupakan turunan dari Fungsi FLP yang ada pada Anggaran Dasar pasal 5. InsyaAllah, Jarwil akan meretas jalur Intensifikasi FLP dengan mengawali koordinasi bersama Divisi Kaderisasi dan Divisi Karya yang notabenenya satu payung di Kathar 1. Lalu meretas jalur Ekstensifikasi FLP dengan koordinasi bersama divisi-divisi lainnya. Semoga dengan demikian gerak FLP semakin kokoh, sebab mencapai postur proporsional antara pertumbuhan internal dan perluasan eksternal. Allahumma aamiin.

Depok, 19 November 2017

Irfan Azizi
Koordinator Divisi Jarwil BPP

Post Author: Irfan Azizi