2 menit baca |

Segera terbit, buku ketiga trilogi #SayapSakinah dan #SayapMawaddah karya duet Afifah Afra dan Riawani Elyta berjudul #SayapRahmah. Buku ini ditulis untuk menginspirasi pasangan muda agar mengusahakan rumah tangga mereka berpayung rahmah.

Pesona bisa pudar, kecantikan bisa hilang, ketampanan menguap. Tetapi dengan bekal rahmah, rumah tangga akan bestari. Rahmah adalah cinta universal, mewujud dalam ekspresi kasih sayang, keakraban, iba, empati, dan welas asih.

Rahmah merupakan tulang punggung keutuhan sebuah keluarga. Sebab secara alamiah, rasa mawaddah akan berkurang dengan sendirinya, bahkan mungkin hilang pada suatu saat nanti.

Perasaan rahmah tak sekadar milik suami istri, tetapi harus terjadi antara orangtua-anak, keluarga besar, dan masyarakat sekitar. Perasaan welas asih yang harus ada pada seorang manusia sepaket dengan ketegasan yang juga harus tetap kita miliki.

Islam turun memang untuk memberi kelembutan, kebajikan, kebaikan, dan nikmat untuk semua yang ada di alam raya ini (definisi rahmah oleh Al-Ashfahani). Tak hanya kepada sesama muslim, kepada nonmuslim pun, Rasulullah selalu menebar rahmah.

Jika kepada nonmuslim, binatang dan tanaman saja kita harus memperlakukan dengan baik, apalagi kepada istri dan keluarga kita?

Salah satu definisi rahmah adalah walad, anak. Maka,banyak berinteraksi dengan anak-anak, memang akan membangkitkan perasaan rahmah. Seorang yang perempuan mengandung, melahirkan, menyusui, & mendidik anak-anaknya, secara alamiah dia terbentuk menjadi sosok keibuan dan penyayang.

Perempuan dianjurkan untuk memperbaiki kualitas mawaddah-nya, sementara lelaki dianjurkan memperbaiki kualitas rahmah-nya. Kesempurnaan cinta dalam Islam: sakinah, mawaddah & rahmah saling melengkapi & memengaruhi serta pengejawantahannya tidak boleh terlepas dari mahabatullah.

Adil adalah salah satu sumber munculnya perasaan rahmah dalam sebuah interaksi suami istri. Dalam soal rahmah, penekanan terhadap lelaki memang lebih kuat. Lelaki dianjurkan untuk bersikap lembut, penuh kasih sayang, humoris, dan santai.

Jangan terlalu fokus pada kelemahan, tetapi cobalah menikmati kelebihan-kelebihan yang dimiliki pasangan kita
Jika ingin rahmah tumbuh pada keluarga Anda, maka tunaikanlah kewajiban-kewajiban Anda dengan senang hati, ikhlas, dan sikap penuh tanggung jawab.

Jika istri melakukan pekerjaan yang dapat mengurangi hak suami atau merugikannya, maka suami boleh melarang istri bekerja (Ibnu Abidin). Jika pekerjaan istri bersifat fardhu kifayah tertentu yang berurusan dengan masalah kewanitaan, maka suami semestinya tidak melarang istri (Sayyid Sabiq) .

Sikap saling memperlakukan pasangan dengan baik akan melahirkan perasaan dihargai dan kemesraan. Orang yang belum menerima diri sendiri, kebanyakan juga tidak akan mampu menerima pasangan apa adanya.

Sepasang suami istri, mestinya seorang yang visioner sekaligus “misionaris” dalam masalah kebaikan. Mari kuatkan rahmah dalam rumah tangga kita, karena itulah penolong sejati. Makin tua, rahmah harus kian kuat.

Buku ini menjelaskan dengan detail, apa yang harus dilakukan agar rumah tangga bisa subur kasih sayang berpayung rahmah. Buku yang layak dikoleksi, buat calon pengantin, para pengantin, bahkan yang sudah bertahun membina rumah tangga.

Sayap-Sayap Rahmah
Buku Ketiga dari Seri Sayap Sakinah
Karya Duet Afifah Afra dan Riawani Elyta
Harga 50,000
Order ke: 0819 04715 58

Dapatkan buku ini segera di toko-toko buku terdekat. Atau bisa kontak @penerbitindiva

Nuun. Jangan dipendam. Jangan sembunyikan. Berbagilah kabar. Berkirimlah karya. Layangkan ke editorcantik[at]gmail[dot]com, untuk disyiar di laman kita.



Sayap-Sayap Rahmah
Buku Ketiga dari Seri Sayap Sakinah
Karya Duet Afifah Afra dan Riawani Elyta
Harga 50,000
Order ke: 0819 04715 58


Novel "Meja Bundar"
Karya @hendraveejay & @elmanohara
Pesan via LINE: bitread_id
Pesan via Whatsapp:
0838-9079-0002, 0823-2006-3397


Klik Gambar untuk Memperbesar




Latest Tweets

Kabar Berita

Login

Agenda LITERASI

  • kisah-mister-flp-kaskus

    Kolaborasi FLP dan Kaskus Creator Akan Bahas Penulisan Kisah Misteri

    tak sampai 1 menit baca | Forum Lingkar Pena (FLP) mengadakan kolaborasi dengan salah satu kegiatan rutin KASKUS Creator, yaitu KOPDAR KASKUS Creator. Hadir sebagai pembicara dari FLP adalah penulis Koko Nata. Ajang kopi darat itu biasa diisi sharing perihal dunia tulis-menulis. Di sana, peserta kopdar dapat berdiskusi seputar tips dan teknik menulis. KOPDAR KASKUS…

  • workshop-kepenulisan-flp-munas-4

    Kamu Mau (Makin) Bisa Nulis Travel Writing, Cerita Humor, Puisi, dan Skenario? Workshop Kepenulisan Munas ke-4 FLP Ini Layak Kamu Ikuti

    1 menit baca | Apakah kamu pecinta jalan-jalan, penikmat komedi, peminat puisi, atau penyuka film yang ingin merasakan ‘nikmat’nya jadi produsen karya? Jika iya, maka agenda awal November 2017 ini niscaya sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi kamu yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Forum Lingkar Pena (FLP), panitia…

  • juara-lomba-esai-aku-dan-flp2

    Pengumuman Pemenang Lomba Esai Aku dan FLP 2016

    1 menit baca | Bismillahirrahmanirrahim Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT alhamdulillah  telah terpilih pemenang lomba esai “Aku dan FLP 2016”. Berikut ini adalah nama-nama pemenang, berikut link tulisan mereka dan hadiah yang akan mereka dapatkan dalam Lomba ini.   JUARA 1 Sayekti Ardiyani (https://boemisayekti.wordpress.com/2016/09/27/dari-novel-flp-hingga-skripsi/) Mendapatkan uang tunai Rp 750.000,- + piagam + paket…


Peringkat Alexa