puisi-lomba_menulis_puisi-2016
Berita, Kabar, Majelis Puisi

Kamu Suka Puisi? 3 Lomba Ini Bisa Jadi Ajang Pembuktian, Tambah Pengalaman

0

2 menit baca |

JAKARTA, FLP.or.id — “Dengan puisi aku bernyanyi / Sampai senja umurku nanti / … / Dengan puisi aku berdoa / Perkenankanlah kiranya,” demikian baris-baris pembuka dan penutup karya Taufik Ismail dalam karyanya Dengan Puisi, Aku. Apakah kamu seorang pembaca puisi? Ataukah sukamu kepada puisi telah tiba pada tempat di mana kamu dianugerahi keberanian untuk menuliskannya? Jika belum, selalu ada saat pertama untuk segalanya. Jika iya, 3 ajang lomba berikut ini layak kamu coba.

1. Lomba Cipta Puisi RiauRealita.com. Tenggat: 31 Agustus 2016. Naskah pilihan akan dibukukan.

Dalam rangka 1 tahun hari jadi, laman Riau Realita menggelar lomba puisi. Tema puisi bebas, jumlah minimal naskah 3 judul puisi, maksimal 5 judul puisi. Panjang puisi tak terbatas, diutamakan puisi yang ditulis tahun 2016.

Naskah puisi belum pernah diterbitkan di buku, media cetak, online/blog dan media sosial. Naskah belum pernah dan tidak sedang diikutkan dalam perlombaan cipta puisi. Naskah puisi dikirim dalam bentuk attachment ke email sastra.riaurealita@gmail.com.

Satu orang pemenang utama lomba ini akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp500.000 dan piagam elektronik
Untuk 2 puisi pilihan, masing-masing akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp250.000 dan piagam elektronik
Selain itu, disediakan juga hadiah hiburan untuk 2 karya peserta terbanyak diklik atau dibaca, berupa pulsa sebesar Rp50.000. Bagi semua peserta akan mendapatkan piagam elektronik.

Keterangan teknis yang wajib dipatuhi selengkapnya, dapat diakses di laman Riau Realita.

2. Gelar Cipta Puisi Qurani PARMUSI. Tenggat: 16 September 2016. Sebanyak 100 puisi terpilih akan dibukukan.

Memperingati Milad PARMUSI Ke-17, Pengurus Pusat (PP) Persaudaraan Muslimin Indonesia (PARMUSI) mengundang umat Islam se-Indonesia untuk menulis puisi bernafaskan kitab suci al-Quran.

Puisi dimaksud adalah puisi yang ditulis berdasarkan kajian al-Quran, baik dari aspek kajian nilai, norma, sejarah, harapan, janji dan peringatan, maupun kisah-kisah kemanusiaan, kenabian, serta ketuhanan. Puisi qurani adalah puisi yang bersumber dari kitab suci al-Quran.

Masing-masing peserta hanya diperbolehkan mengirim 1 buah puisinya dengan lampiran biodata singkat, nomor handphone/nomor kontak yang bisa dihubungi, dan alamat rumah/domisili.

Sebanyak 100 peserta terpilih akan diumumkan di www.parmusinews.com, setelah keputusan Dewan Kurator Gelar Cipta Puisi Qurani. Kepada masing-masing peserta yang puisinya dinyatakan terpilih, akan diberikan satu eksemplar buku antologi puisi berjudul 100 PUISI QURANI, piagam penghargaan dari PARMUSI, dan honorarium sebesar Rp.250.000.

Puisi harap dikirim ke email: puisiparmusi@gmail.com. Keterangan teknis yang wajib diikuti selengkapnya dapat diakses di laman Parmusi berikut ini.

3. Sayembara Buku Puisi Yayasan Hari Puisi Indonesia. Tenggat: 25 September 2016.

Sayembara ini diadakan oleh Yayasan Hari Puisi Indonesia (YHPI) dan Indopos. Acara ini merupakan kepedulian dan bentuk penghargaan YHPI pada para penyair Indonesia. Selain itu juga sebagai lanjutan dari peringatan Hari Puisi Indonesia yang jatuh pada tanggal 26 Juli, tanggal hari lahir sastrawan Chairil Anwar.

Untuk anugerah buku puisi ini, peserta diharuskan mengirimkan buku kumpulan puisi terbaru yang terbit pada 25 September 2015 hingga 25 September 2016.  Buku itu harus memiliki ISBN dan melampirkan tanda bukti terdaftar ISBN. Syarat lain, buku yang dilombakan belum pernah memperoleh penghargaan dari mana pun. “Peserta boleh mengirim lebih dari satu judul buku kumpulan puisi dan masing-masing judul sebanyak lima eksemplar,”  kata Sekretaris Panitia Hari Puisi Indonesia, Mustafa Ismail seperti dikutip Indopos.

Buku puisi itu dikirim ke Sekretariat Panitia Hari Puisi Indonesia di PDS H.B. Jassin, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat 10330 dengan menyertakan alamat lengkap dan nomor telepon. Menurut Mustafa, naskah hurus sudah diterima paling lambat pada 30 September 2016.

Panitia akan menyediakan hadiah sebesar Rp 50 juta untuk 1 buku kumpulan puisi terbaik. Rp 50 juta lagi akan diberikan pada lima buku puisi pilihan lain yang masing-masing akan mendapatkan Rp 10 juta.

Keterangan teknis yang wajib diikuti selengkapnya dapat diakses di laman Indopos berikut ini.

Ihwal Sang Penulis / 

admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Nuun. Jangan dipendam. Jangan sembunyikan. Berbagilah kabar. Berkirimlah karya. Layangkan ke editorcantik[at]gmail[dot]com, untuk disyiar di laman kita.


Sila berbagi tanggapan

Alamat email Anda takkan dipublikasikan. Ada tanda pada bagian yang wajib diisi *

Kabar Berita

Login

Latest Tweets

Agenda LITERASI

  • juara-lomba-esai-aku-dan-flp2

    Pengumuman Pemenang Lomba Esai Aku dan FLP 2016

    1 menit baca | Bismillahirrahmanirrahim Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT alhamdulillah  telah terpilih pemenang lomba esai “Aku dan FLP 2016”. Berikut ini adalah nama-nama pemenang, berikut link tulisan mereka dan hadiah yang akan mereka dapatkan dalam Lomba ini.   JUARA 1 Sayekti Ardiyani (https://boemisayekti.wordpress.com/2016/09/27/dari-novel-flp-hingga-skripsi/) Mendapatkan uang tunai Rp 750.000,- + piagam + paket…

  • creative-writing-contest

    Daftar Peserta Lomba Menulis: Aku dan FLP

    2 menit baca | Bismillahirrahmanirrahim … Berikut ini adalah daftar peserta  Lomba Menulis: Aku dan FLP.  InsyaAllah panitia akan terus memperbaharui daftar peserta hingga selesai masa tenggat waktu pengumpulan naskah, yaitu tanggal 30 Oktober 2016, pukul 23.59 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya.  Informasi lomba bisa dibaca Lomba Menulis “Aku dan FLP”.  Terima kasih. CATATAN:  Jika…

  • talkshow-menulis-flp-wilayah-lampung-2016

    Bagi Kamu Generasi Muda Lampung! Mari Sambut Seruan “Lampung Menulis, Terbitkan Karya Berseri!”

    1 menit baca | JAKARTA, FLP.or.id — Bandar Lampung adalah ibu kota provinsi Lampung. Ia dikenal sebagai Kota Tapis Berseri. Slogannya terpampang di atas gapura kota: Tertib, Aman, Patuh, Iman, Sejahtera, serta Bersih, Sehat, Rapih, dan Indah. Mengusung tema “Lampung Menulis, Terbitkan Karya Berseri!”, Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Lampung akan menyelenggarakan Talk Show Menulis…