Berita, Kabar, Pilihan Editor

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Zakat Dunia 2017

1 menit baca |

Pada tahun 2017 ini Konferensi Zakat Dunia atau World Zakat Forum (WZF) menyelenggarakan konferensi yang akan berlangsung di Jakarta, 15-16 Maret 2017 dengan tema “Penguatan peran zakat sebagai instrument global pengentasan kemiskinan.”

Menurut Sekretaris Jenderal WZF Ahmad Juwaini, konferensi Maret nanti akan menghasilkan rumusan strategis dan langkah-langkah aksi dalam mengupayakan optimalisasi zakat dalam pengentasan kemiskinan.

“Ini memerlukan keterlibatan berbagai pihak yang peduli pada urusan zakat di dunia untuk memberikan sumbangsih pemikiran dalam menghasilkan rumusan yang bernas,” katanya.

Selain pembahasan masalah tersebut, konferensi juga membahas soal pemilihan Sekretaris Jenderal WZF yang baru selama tiga tahun ke depan.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Prof. Dr. Bambang Sudibyo mengatakan bahwa zakat di Indonesia telah dimanfaatkan sebagai salah satu instrument resmi negara dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Tahun 2017 ini penghimpunan zakat secara nasional dilakukan oleh organisasi pengelola zakat resmi yang ditargetkan mencapari Rp 6 Triliun atau meningkat 20% dari tahun 2016. Jumlah tersebut menurutnya dapat mengentaskan 1% penduduk miskin di tanah air atau sektiar 250 ribu jiwa.

Dalam Konferensi Pers Baznas yang dihadiri oleh Ketua Baznas Prof. Bambang Sudibyo, Sekjen WZF Ahmad Juwaini, Pimpinan Pusat Pungutan Zakat Malaysia Amran Nazari, serta Ketua Panitia Konferensi WZF 2017 Hambali, di Gedung Arthaloka Jakarta (20/02), Ahmad Juwaini mengatakan bahwa WZF lahir di Jogja pada tahun 2010 dan menyepakati Prof. Dr. Didin Hafidhudin sebagai Sekjen. Selanjutnya, pada tahun 2014 disepakati Ahmad Juwaini.

Dalam konferensi nanti ia berharap bahwa konferensi tersebut dapat memberikan pengaruh di tingkat dunia dan Indonesia.

Sementara itu, Prof. Bambang Sudibyo mengatakan bahwa konferensi nanti sangat penting dalam konteks pertukaran informasi, mengenal best practice dari berbagai negara dalam pengelolaan zakat, serta untuk mengambil inspirasi dari paparan pembicara dari berbagai negara.
Indonesia sebagai negara yang masih tinggi tingkat kemiskinan membutuhkan zakat untuk mengentaskan problema tersebut. Saat ini bahkan, menurut Bambang Sudibyo lagi, berbagai perusahaan lebih senang untuk membayar zakat yang hanya 2.5% ketimbang pajak yang 20%.

*Yanuardi SyukurPengurus FLP Pusat Penerima Beastudi Etos Dompet Dhuafa 2001-2003

Ihwal Sang Penulis / 

Yanuardi Syukur

Nuun. Jangan dipendam. Jangan sembunyikan. Berbagilah kabar. Berkirimlah karya. Layangkan ke editorcantik[at]gmail[dot]com, untuk disyiar di laman kita.




Untuk pemesanan
cukup klik Mizanstore
Atau telepon 089616676975

Sayap-Sayap Rahmah
Buku Ketiga dari Seri Sayap Sakinah
Karya Duet Afifah Afra dan Riawani Elyta
Harga 50,000
Order ke: 0819 04715 58


Novel "Meja Bundar"
Karya @hendraveejay & @elmanohara
Pesan via LINE: bitread_id
Pesan via Whatsapp:
0838-9079-0002, 0823-2006-3397


Klik Gambar untuk Memperbesar




Latest Tweets

Kabar Berita

Login

Agenda LITERASI

  • DCIM100GOPRO

    Munas ke-4 Forum Lingkar Pena, Menjaga Identitas Bangsa di Era Digital

    2 menit baca | BANDUNG, FLP.or.id – Seiring dengan perkembangan zaman, penulis sebagai bagian dari masyarakat yang melek literasi terus ditantang untuk berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Apalagi pada era digital seperti sekarang ini, tantangannya semakin besar. Terlebih lagi, hingga saat ini Bangsa Indonesia masih tergolong sebagai negara dengan minat baca yang masih rendah sehingga…

  • kisah-mister-flp-kaskus

    Kolaborasi FLP dan Kaskus Creator Akan Bahas Penulisan Kisah Misteri

    tak sampai 1 menit baca | Forum Lingkar Pena (FLP) mengadakan kolaborasi dengan salah satu kegiatan rutin KASKUS Creator, yaitu KOPDAR KASKUS Creator. Hadir sebagai pembicara dari FLP adalah penulis Koko Nata. Ajang kopi darat itu biasa diisi sharing perihal dunia tulis-menulis. Di sana, peserta kopdar dapat berdiskusi seputar tips dan teknik menulis. KOPDAR KASKUS…

  • workshop-kepenulisan-flp-munas-4

    Kamu Mau (Makin) Bisa Nulis Travel Writing, Cerita Humor, Puisi, dan Skenario? Workshop Kepenulisan Munas ke-4 FLP Ini Layak Kamu Ikuti

    1 menit baca | Apakah kamu pecinta jalan-jalan, penikmat komedi, peminat puisi, atau penyuka film yang ingin merasakan ‘nikmat’nya jadi produsen karya? Jika iya, maka agenda awal November 2017 ini niscaya sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi kamu yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Forum Lingkar Pena (FLP), panitia…


Peringkat Alexa