IMG-20170804-WA0000
Berita, Kabar

Gelar SG, FLP Jakarta Bekali Calon Anggota Angkatan 21

1

1 menit baca |

JAKARTA—Ahad (23/07) menjadi permulaan babak bagi para calon anggota baru Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Jakarta angkatan ke-21. Bertempat di Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq, Jakarta Timur, Studium Generale Pramuda 21 FLP Jakarta digelar sekaligus sebagai ajang perkenalan para calon anggota baru.

Dihadiri oleh pembicara andal di bidang kepenulisan, acara tersebut mampu menarik antusiasme peserta yang hadir. Adalah Dr. Rulli Nasrullah, M.Si, atau akrab disapa Kang Arul, dan Yanuardi Syukur, S.Sos, M.Si alias Kang Yankur, yang diundang panitia untuk membawakan materi pengantar seputar dunia kepenulisan pada SG yang bertemakan “Merangkai Kata, Menjejak Makna” itu. Secara umum, acara SG berlangsung dengan meriah dan apik disertai kegiatan pendukung seperti praktik free writing, deklamasi puisi, dan pemutaran film produksi FLP Jakarta.

Sesi pertama diisi oleh Kang Arul dengan mengungkapkan pengalaman pribadinya selama menjadi penulis di beberapa media. Pemilik situs http://www.dosengalau.com itu juga banyak menekankan pada aspek pentingnya self-branding, khususnya untuk para penulis pemula.

Adapun Kang Yankur yang mengisi di sesi kedua lebih menitikberatkan bahasan tentang lika-liku perjalanan dakwah seorang penulis. Menurutnya, penulis harus memiliki misi dakwahnya sendiri dan selalu berpikir kritis. Tak lupa ia juga berpesan kepada peserta SG untuk tak berpatah semangat dalam menjalani proses menulis.

Baik Kang Arul maupun Yanuardi, keduanya menyarankan untuk memilih self-publishing dalam memulai menulis buku. Banyak keuntungan yang mampu diraup dari menerbitkan buku secara mandiri tersebut dibandingkan buku yang diterbitkan dari hasil naskah yang penulis kirim ke penerbit-penerbit mayor di Indonesia. Selain itu, dengan mencetak dan memasarkan hasil karyanya sendiri, kata kedua pembicara tersebut, para penulis pemula tidak perlu khawatir akan penolakan yang selama ini kerap dialami ketika mengirimkan naskah ke penerbit mayor.

*Ahmad Fajar N. Pramuda Angkatan 21 FLP Jakarta.

Ihwal Sang Penulis / 

admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Nuun. Jangan dipendam. Jangan sembunyikan. Berbagilah kabar. Berkirimlah karya. Layangkan ke editorcantik[at]gmail[dot]com, untuk disyiar di laman kita.


1 Tanggapan

  1. Nur Afilin 4 Agu 2017 pada 9:34 am -  Balas

    Terima kasih, mbak Sri Widiyastuti, dkk. Tetap semangat, Pramuda 21 🙂

Sila berbagi tanggapan

Alamat email Anda takkan dipublikasikan. Ada tanda pada bagian yang wajib diisi *


Sayap-Sayap Rahmah
Buku Ketiga dari Seri Sayap Sakinah
Karya Duet Afifah Afra dan Riawani Elyta
Harga 50,000
Order ke: 0819 04715 58


Novel "Meja Bundar"
Karya @hendraveejay & @elmanohara
Pesan via LINE: bitread_id
Pesan via Whatsapp:
0838-9079-0002, 0823-2006-3397


Klik Gambar untuk Memperbesar




Latest Tweets

Kabar Berita

Login

Agenda LITERASI

  • kisah-mister-flp-kaskus

    Kolaborasi FLP dan Kaskus Creator Akan Bahas Penulisan Kisah Misteri

    tak sampai 1 menit baca | Forum Lingkar Pena (FLP) mengadakan kolaborasi dengan salah satu kegiatan rutin KASKUS Creator, yaitu KOPDAR KASKUS Creator. Hadir sebagai pembicara dari FLP adalah penulis Koko Nata. Ajang kopi darat itu biasa diisi sharing perihal dunia tulis-menulis. Di sana, peserta kopdar dapat berdiskusi seputar tips dan teknik menulis. KOPDAR KASKUS…

  • workshop-kepenulisan-flp-munas-4

    Kamu Mau (Makin) Bisa Nulis Travel Writing, Cerita Humor, Puisi, dan Skenario? Workshop Kepenulisan Munas ke-4 FLP Ini Layak Kamu Ikuti

    1 menit baca | Apakah kamu pecinta jalan-jalan, penikmat komedi, peminat puisi, atau penyuka film yang ingin merasakan ‘nikmat’nya jadi produsen karya? Jika iya, maka agenda awal November 2017 ini niscaya sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi kamu yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Forum Lingkar Pena (FLP), panitia…

  • juara-lomba-esai-aku-dan-flp2

    Pengumuman Pemenang Lomba Esai Aku dan FLP 2016

    1 menit baca | Bismillahirrahmanirrahim Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT alhamdulillah  telah terpilih pemenang lomba esai “Aku dan FLP 2016”. Berikut ini adalah nama-nama pemenang, berikut link tulisan mereka dan hadiah yang akan mereka dapatkan dalam Lomba ini.   JUARA 1 Sayekti Ardiyani (https://boemisayekti.wordpress.com/2016/09/27/dari-novel-flp-hingga-skripsi/) Mendapatkan uang tunai Rp 750.000,- + piagam + paket…


Peringkat Alexa