Berita, Kabar

Forum Lingkar Pena Raih Penghargaan AKI 2015

2 menit baca |

forumlingkarpenaBerdasarkan surat pemberitahuan dan undangan yang diberikan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kepada Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena (BPP FLP), FLP dinyatakan sebagai peraih penghargaan Anugerah Komunikasi Indonesia (AKI) 2015 untuk kategori Jaringan Komunikasi Sosial. Penghargaan ini akan diberikan hari ini Senin, 12 Oktober 2015 di Hotel Sunan, Jl. Ahmad Yani, Surakarta, Jawa Tengah, pada pukul 19.00 malam.

Penghargaan AKI 2015 merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah RI kepada para insan dan komunitas yang telah berkomunikasi secara beretika di ruang publik, serta berkontribusi dalam memberikan informasi yang mendidik, mencerahkan serta memberdayakan masyarakat dalam rangka memperkuat NKRI.

Akan hadir dalam acara tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, yang juga akan menyerahkan penghargaan tersebut. Selain acara pemberian penghargaan, akan hadir Monolog Ki Warseno Sleng, Stand up Comedy dari Vikri Rastafara dan penampilan artis Reza Artamevia. Sementara, dari Forum Lingkar Pena sendiri akan hadir mewakili organisasi, Sekjen BPP FLP, Yeni Mulati (a.k.a. Afifah Afra) dan salah satu pendiri sekaligus anggota Majelis Pertimbangan Forum Lingkar Pena, Maimon Herawati.

Sinta Yudisia, Ketua Umum BPP FLP sendiri berhalangan hadir, karena sedang mewakili FLP memenuhi undangan dari Pemerintah Kota Karatsu, Fukuoka, Jepang. Namun demikian, Sinta menyatakan sangat berbahagia akan penghargaan AKI Award 2015 ini. “Semoga penghargaan ini mampu memacu semangat ribuan anggota FLP di seluruh dunia, untuk semakin giat memberikan informasi yang baik, serta mencerahkan masyarakat dengan karya-karya yang berkualitas,” ujar Sinta, lewat pesan pendek yang diterima oleh Humas FLP.

Forum Lingkar Pena berdiri di Jakarta pada 22 Februari 1997, lalu mulai membentuk wilayah-wilayah dan cabang ke seluruh Indonesia dan dunia sejak 1999. Pendiri FLP adalah Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia dan Maimon Herawati. Hingga saat ini, FLP telah mengalami 4 kali pergantian ketua umum, yaitu Helvy Tiana Rosa, Muhammad Irfan Hidayatullah, S. Intan Savitri dan saat ini ketua umum FLP dijabat oleh Sinta Yudisia.

FLP tidak hanya hadir di kampus-kampus, yang merupakan basis masa awal berdirinya FLP, tetapi juga menyebar ke pesantren-pesantren, bahkan juga kalangan TKI. FLP Taiwan, FLP Hongkong, FLP Arab Saudi dan FLP Malaysia adalah wilayah-wilayah yang anggotanya didominasi oleh para TKI. Akan tetapi, ratusan TKI yang bergabung di sana ternyata tak kalah aktif dengan anggota FLP yang berbasis kampus atau pesantren. Sebagai contoh, pada 18 Oktober 2015 ini, FLP Hongkong menggelar acara Festival Sastra Migran Indonesia V, dengan agenda acara lomba-lomba kepenulisan, launching buku “Jejak Laut” karya anggota FLP Hongkong, musikalisasi puisi dan workshop kepenulisan bersama Habiburahman El-Shirazy, yang juga merupakan anggota Majelis Pertimbangan Forum Lingkar Pena.

Selain aktif berkomunikasi secara beretika di media-media sosial, anggota-anggota FLP juga sangat produktif dalam menulis artikel, cerpen, puisi, novel dan sebagainya yang dimuat di berbagai media cetak atau diterbitkan dalam bentuk buku. Beberapa novel karya penulis FLP bahkan telah diangkat menjadi film, misalnya karya-karya Habiburahman el-Shirazy dan Asma Nadia.

Ihwal Sang Penulis / 

admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Nuun. Jangan dipendam. Jangan sembunyikan. Berbagilah kabar. Berkirimlah karya. Layangkan ke editorcantik[at]gmail[dot]com, untuk disyiar di laman kita.



Sayap-Sayap Rahmah
Buku Ketiga dari Seri Sayap Sakinah
Karya Duet Afifah Afra dan Riawani Elyta
Harga 50,000
Order ke: 0819 04715 58


Novel "Meja Bundar"
Karya @hendraveejay & @elmanohara
Pesan via LINE: bitread_id
Pesan via Whatsapp:
0838-9079-0002, 0823-2006-3397


Klik Gambar untuk Memperbesar




Latest Tweets

Kabar Berita

Login

Agenda LITERASI

  • DCIM100GOPRO

    Munas ke-4 Forum Lingkar Pena, Menjaga Identitas Bangsa di Era Digital

    2 menit baca | BANDUNG, FLP.or.id – Seiring dengan perkembangan zaman, penulis sebagai bagian dari masyarakat yang melek literasi terus ditantang untuk berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Apalagi pada era digital seperti sekarang ini, tantangannya semakin besar. Terlebih lagi, hingga saat ini Bangsa Indonesia masih tergolong sebagai negara dengan minat baca yang masih rendah sehingga…

  • kisah-mister-flp-kaskus

    Kolaborasi FLP dan Kaskus Creator Akan Bahas Penulisan Kisah Misteri

    tak sampai 1 menit baca | Forum Lingkar Pena (FLP) mengadakan kolaborasi dengan salah satu kegiatan rutin KASKUS Creator, yaitu KOPDAR KASKUS Creator. Hadir sebagai pembicara dari FLP adalah penulis Koko Nata. Ajang kopi darat itu biasa diisi sharing perihal dunia tulis-menulis. Di sana, peserta kopdar dapat berdiskusi seputar tips dan teknik menulis. KOPDAR KASKUS…

  • workshop-kepenulisan-flp-munas-4

    Kamu Mau (Makin) Bisa Nulis Travel Writing, Cerita Humor, Puisi, dan Skenario? Workshop Kepenulisan Munas ke-4 FLP Ini Layak Kamu Ikuti

    1 menit baca | Apakah kamu pecinta jalan-jalan, penikmat komedi, peminat puisi, atau penyuka film yang ingin merasakan ‘nikmat’nya jadi produsen karya? Jika iya, maka agenda awal November 2017 ini niscaya sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi kamu yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Forum Lingkar Pena (FLP), panitia…


Peringkat Alexa