Referensi

Filosof Muslim Muhammad Naquib Al-Attas Mengenai Orisinalitas dan Plagiarisme

1 menit baca |

JAKARTA, FLP.or.id — Muhammad Naquib Al-Attas bernama lengkap Syed Muhammad al Naquib bin Ali bin Abdullah bin Muhsin al Attas. Seperti direkam Wikipedia, ia dikenal sebagai cendekiawan dan filosof Muslim besar abad ini. Ia menguasai teologi, filsafat, metafisika, sejarah, dan sastra. Tak kurang ada 15 buku telah ditulisnya sepanjang tahun 1970 hingga tahun 2011. Kesemuanya menjadi rujukan utama banyak cendekiawan muslim kontemporer. Pria kelahiran Bogor, 5 September 1931 itu, di antaranya dikenal dengan gagasan besarnya mengenai Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer dan konsep ta’dib sebagai konsep pendidikan dalam Islam.

Tulisan berikut ini ia kemukakan pada tahun 1980. Isinya adalah bagian kata pengantar bagi buku “Konsep Pendidikan dalam Islam.” Tampak ia melawan plagiarisme dan menekankan perlunya pengakuan keaslian. Ia bahkan menegaskan bahwa “pengakuan” semacam itu bukan semata “kewajiban moral” belaka.

 

Saya tidak perlu membuat sebarang apologi manakala mengakui keaslian konsepsi gagasan-gagasan dan definisi-definisi baru yang saya perinci dan rumuskan di sini, serta dalam tulisan-tulisan saya terdahulu, karena keperluan akan pengakuan seperti itu sekarang memang telah timbul.

 

Yang saya maksudkan di sini adalah kejadian-kejadian yang patut disesalkan ketika para ulama, sarjana dan intelektual muslim telah memasukkan beberapa gagasan ini dalam tulisan-tulisan mereka, tanpa menunjukkan sumbernya secara wajar, setelah mereka menjadi akrab dengannya dalam kuliah-kuliah, konperensi-konperensi, pertemuan-pertemuan, dan diskusi-diskusi pribadi.

 

Selain sebagai suatu kewajiban moral, tujuan mengakui sumber suatu gagasan penting adalah untuk bisa menunjukkan kepada orang, yang mempelajari persoalan itu demi kepentingan umat, arah yang benar, sehingga mereka tidak tersesat dalam hal nilai dan keberlakuan (validitas) gagasan itu, dan dalam mengembangkan serta menjelaskannya lebih lanjut, sesuai dengan garis-garis logis yang memang hanya bisa dilakukan oleh sumber aslinya.

 

Tetapi jika penulis-penulis muslim — yang menulis dalam bahasa Inggris, Arab atau bahasa-bahasa lain — mempunyai kebiasaan mengaku-akui bagi diri mereka sendiri atau bagi orang lain gagasan-gagasan penting yang tidak berasal dari mereka, maka dengan begitu sesungguhnya mereka telah menghapuskan sumber aslinya dan menutupi umat dari pengetahuan tentang arah yang benar.

 

 

Referensi: Konsep Pendidikan dalam Islam. Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam.
Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Penerbit Mizan, Cetakan IV, Mei 1992. Bandung.

Ihwal Sang Penulis / 

admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Nuun. Jangan dipendam. Jangan sembunyikan. Berbagilah kabar. Berkirimlah karya. Layangkan ke editorcantik[at]gmail[dot]com, untuk disyiar di laman kita.



Sayap-Sayap Rahmah
Buku Ketiga dari Seri Sayap Sakinah
Karya Duet Afifah Afra dan Riawani Elyta
Harga 50,000
Order ke: 0819 04715 58


Novel "Meja Bundar"
Karya @hendraveejay & @elmanohara
Pesan via LINE: bitread_id
Pesan via Whatsapp:
0838-9079-0002, 0823-2006-3397


Klik Gambar untuk Memperbesar




Latest Tweets

Kabar Berita

Login

Agenda LITERASI

  • DCIM100GOPRO

    Munas ke-4 Forum Lingkar Pena, Menjaga Identitas Bangsa di Era Digital

    2 menit baca | BANDUNG, FLP.or.id – Seiring dengan perkembangan zaman, penulis sebagai bagian dari masyarakat yang melek literasi terus ditantang untuk berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Apalagi pada era digital seperti sekarang ini, tantangannya semakin besar. Terlebih lagi, hingga saat ini Bangsa Indonesia masih tergolong sebagai negara dengan minat baca yang masih rendah sehingga…

  • kisah-mister-flp-kaskus

    Kolaborasi FLP dan Kaskus Creator Akan Bahas Penulisan Kisah Misteri

    tak sampai 1 menit baca | Forum Lingkar Pena (FLP) mengadakan kolaborasi dengan salah satu kegiatan rutin KASKUS Creator, yaitu KOPDAR KASKUS Creator. Hadir sebagai pembicara dari FLP adalah penulis Koko Nata. Ajang kopi darat itu biasa diisi sharing perihal dunia tulis-menulis. Di sana, peserta kopdar dapat berdiskusi seputar tips dan teknik menulis. KOPDAR KASKUS…

  • workshop-kepenulisan-flp-munas-4

    Kamu Mau (Makin) Bisa Nulis Travel Writing, Cerita Humor, Puisi, dan Skenario? Workshop Kepenulisan Munas ke-4 FLP Ini Layak Kamu Ikuti

    1 menit baca | Apakah kamu pecinta jalan-jalan, penikmat komedi, peminat puisi, atau penyuka film yang ingin merasakan ‘nikmat’nya jadi produsen karya? Jika iya, maka agenda awal November 2017 ini niscaya sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi kamu yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Forum Lingkar Pena (FLP), panitia…


Peringkat Alexa