Berita, Kabar

Datang ke Munas atau Tidak? Ingin Bukumu Dikaji Secara Akademis Tak?

1 menit baca |

BANDUNG, FLP.or.id – Kabar gembira datang dari Bandung. Koordinator Divisi Karya BPP FLP, Topik Mulyana, menginformasikan kesempatan menarik bagi anggota FLP yang telah menulis buku sastra.

“Teman-teman yang mau buku-bukunya, baik itu buku cerpen, novel, ataupun puisi, dijadikan bahan skripsi mahasiswa saya, boleh kirim bukunya ke saya,” kata Topik pada Jumat (27/10/2017).

Penggiat FLP Jawa Barat yang akrab dipanggil Kang Topik itu, mengemukakan kondisi nyata di kampus. “Setiap pengajuan judul skripsi untuk rumpun Sastra, para mahasiswa suka kehabisan stok,” katanya.

Ia menerangkan, hal itu dikarenakan dekanat menentukan standar ketat. “Buku-buku bahan kajian harus yang terbit paling lama dua tahun,” lanjut Kang Topik yang juga dikenal sebagai seorang editor dan esais.

Tak hanya terbatas buku bacaan untuk usia dewasa, buku anak pun bisa dikirim untuk dikaji. “Yang penting karya sastra dan ber-ISBN,” kata Topik yang tak lain ialah dosen sastra di Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Topik menyampaikan bahwa penyerahan buku itu bisa dilakukan selama Munas berlangsung. Seperti diketahui, Forum Lingkar Pena akan menyelenggarakan musyawarah nasionalnya yang ke-4 pada Jumat – Ahad, 3 – 5 November 2017 mendatang di kota Bandung.

“Kita saling bantu jadinya. Para mahasiswa dapat bahan, teman-teman FLP dapat portofolio,” pungkas Topik. Untuk penyerahan di luar Munas, buku dapat dikirimkan via pos, langsung ke alamat kantor Kang Topik di UMT.

Sekjen FLP, Afifah Afra, menanggapi positif adanya kesempatan tersebut. “Tujuannya agar karya para penulis FLP makin siap untuk dibedah secara akademis,” kata Afifah dalam keterangan terpisah.

Sepanjang sejarah FLP berdiri, sudah cukup banyak karya para anggota FLP yang dijadikan objek kajian akademis, baik itu skripsi hingga disertasi. Untuk menyebut beberapa, misalnya karya-karya Helvy Tiana Rosa, serta novelnya Asma Nadia dan Habiburahman El-Shirazy. Tak terkecuali juga picbook karya penulis FLP yang juga penulis bacaan anak Ali Muakhir. Buku yang terakhir tadi dijadikan bahan disertasi di Unnes Semarang.

Ihwal Sang Penulis / 

admin

Admin adalah administrator laman FLP.OR.ID

Nuun. Jangan dipendam. Jangan sembunyikan. Berbagilah kabar. Berkirimlah karya. Layangkan ke editorcantik[at]gmail[dot]com, untuk disyiar di laman kita.




Untuk pemesanan
cukup klik Mizanstore
Atau telepon 089616676975

Sayap-Sayap Rahmah
Buku Ketiga dari Seri Sayap Sakinah
Karya Duet Afifah Afra dan Riawani Elyta
Harga 50,000
Order ke: 0819 04715 58


Novel "Meja Bundar"
Karya @hendraveejay & @elmanohara
Pesan via LINE: bitread_id
Pesan via Whatsapp:
0838-9079-0002, 0823-2006-3397


Klik Gambar untuk Memperbesar




Latest Tweets

Kabar Berita

Login

Agenda LITERASI

  • DCIM100GOPRO

    Munas ke-4 Forum Lingkar Pena, Menjaga Identitas Bangsa di Era Digital

    2 menit baca | BANDUNG, FLP.or.id – Seiring dengan perkembangan zaman, penulis sebagai bagian dari masyarakat yang melek literasi terus ditantang untuk berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Apalagi pada era digital seperti sekarang ini, tantangannya semakin besar. Terlebih lagi, hingga saat ini Bangsa Indonesia masih tergolong sebagai negara dengan minat baca yang masih rendah sehingga…

  • kisah-mister-flp-kaskus

    Kolaborasi FLP dan Kaskus Creator Akan Bahas Penulisan Kisah Misteri

    tak sampai 1 menit baca | Forum Lingkar Pena (FLP) mengadakan kolaborasi dengan salah satu kegiatan rutin KASKUS Creator, yaitu KOPDAR KASKUS Creator. Hadir sebagai pembicara dari FLP adalah penulis Koko Nata. Ajang kopi darat itu biasa diisi sharing perihal dunia tulis-menulis. Di sana, peserta kopdar dapat berdiskusi seputar tips dan teknik menulis. KOPDAR KASKUS…

  • workshop-kepenulisan-flp-munas-4

    Kamu Mau (Makin) Bisa Nulis Travel Writing, Cerita Humor, Puisi, dan Skenario? Workshop Kepenulisan Munas ke-4 FLP Ini Layak Kamu Ikuti

    1 menit baca | Apakah kamu pecinta jalan-jalan, penikmat komedi, peminat puisi, atau penyuka film yang ingin merasakan ‘nikmat’nya jadi produsen karya? Jika iya, maka agenda awal November 2017 ini niscaya sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi kamu yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya. Dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Forum Lingkar Pena (FLP), panitia…


Peringkat Alexa