Materi Sesi kedua
Berita

Catatan Silaturahmi Media Islam dengan MUI (4): Prof. Ibnu Hamad: Menulis Berita adalah Berpolitik

0

1 menit baca |

Guru Besar Ilmu Komunikasi UI Profesor Ibnu Hamad memulai materinya dengan menjelaskan terkait doktrin bahwa berita yang baik adalah yang lengkap, ada 5W1H, putih harus putih hitam harus hitam (dikontrol oleh idealitas).

“Berita adalah hasil dari konstruksi realitas dan citra berita sangat tergantung pada kepentingan di baliknya,” kata Ibnu Hamad.

Hamad juga menjelaskan bahwa naskah berita juga menjadi arena pertarungan sehingga terkadang berita dari lapangan berbeda setelah masuk di meja redaksi karena pertimbangan iklan, kepentingan, dan lain sebagainya.

Permainan bahasa dalam berita tidak bisa dinafikan adanya. Ada banyak fakta yang masing-masing orang melihatnya akan tetapi berbeda ketika ditulis dalam berita. Hal ini menurut Hamad tidak lepas dari permainan bahasa dan kepentingan di balik berita tersebut.

“Bahkan, menulis berita adalah berpolitik,” lanjut Ibnu Hamad, “dan semua media bersifat partisan dalam artian narasumbernya dipilih, fakta diframing dan bahasanya juga diatur.”

Sebagai jurnalis muslim  kita membuat berita yang sesuai dengan maqashidus syariah, yaitu: menjaga agama (hifzhuddin), menjaga jiwa (hifzhunnafs), menjaga akal (hifzhul ‘aql), menjaga keturunan (hifzhunnasl), dan menjaga harta (hifzhulmal).

“Jika media Islam ingin marwahnya semakin baik maka formalismenya mengikuti kode etik struktur yang berlaku umum dengan ruh menyerukan maqashidus shariah atau tujuan-tujuan dari syariah Islam,” sambungnya lagi. *

*Yanuardi SyukurPengurus FLP Pusat Divisi Karya periode 2013 – 2017. Penerima Beastudi Etos Dompet Dhuafa 2001-2003. Dosen Program Studi Antropologi Sosial Universitas Khairun, Ternate.

Ihwal Sang Penulis / 

Yanuardi Syukur

Nuun. Jangan dipendam. Jangan sembunyikan. Berbagilah kabar. Berkirimlah karya. Layangkan ke editorcantik[at]gmail[dot]com, untuk disyiar di laman kita.


Sila berbagi tanggapan

Alamat email Anda takkan dipublikasikan. Ada tanda pada bagian yang wajib diisi *

Kabar Berita

Login

Latest Tweets

Agenda LITERASI

  • juara-lomba-esai-aku-dan-flp2

    Pengumuman Pemenang Lomba Esai Aku dan FLP 2016

    1 menit baca | Bismillahirrahmanirrahim Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT alhamdulillah  telah terpilih pemenang lomba esai “Aku dan FLP 2016”. Berikut ini adalah nama-nama pemenang, berikut link tulisan mereka dan hadiah yang akan mereka dapatkan dalam Lomba ini.   JUARA 1 Sayekti Ardiyani (https://boemisayekti.wordpress.com/2016/09/27/dari-novel-flp-hingga-skripsi/) Mendapatkan uang tunai Rp 750.000,- + piagam + paket…

  • creative-writing-contest

    Daftar Peserta Lomba Menulis: Aku dan FLP

    2 menit baca | Bismillahirrahmanirrahim … Berikut ini adalah daftar peserta  Lomba Menulis: Aku dan FLP.  InsyaAllah panitia akan terus memperbaharui daftar peserta hingga selesai masa tenggat waktu pengumpulan naskah, yaitu tanggal 30 Oktober 2016, pukul 23.59 WIB. Jangan sampai ketinggalan ya.  Informasi lomba bisa dibaca Lomba Menulis “Aku dan FLP”.  Terima kasih. CATATAN:  Jika…

  • talkshow-menulis-flp-wilayah-lampung-2016

    Bagi Kamu Generasi Muda Lampung! Mari Sambut Seruan “Lampung Menulis, Terbitkan Karya Berseri!”

    1 menit baca | JAKARTA, FLP.or.id — Bandar Lampung adalah ibu kota provinsi Lampung. Ia dikenal sebagai Kota Tapis Berseri. Slogannya terpampang di atas gapura kota: Tertib, Aman, Patuh, Iman, Sejahtera, serta Bersih, Sehat, Rapih, dan Indah. Mengusung tema “Lampung Menulis, Terbitkan Karya Berseri!”, Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Lampung akan menyelenggarakan Talk Show Menulis…